Mungkin ini tak pernah muncul dalam benak kita. Mengapa para ahli bedah selalu memakai jubah berwarna hijau atau biru, bukanya warna putih yang terlihat bersih.

Penjelasan singkat adalah cara kerja mata kita, karena retina mata terdiri dari sel batang yang dirangsang oleh cahaya redup dan sel kerucut bekerja dengan kecepatan penuh dalam kecerahan normal.

Manusia memiliki tiga jenis sel kerucut dengan berbagai tingkat kepekaan untuk warna merah, hijau dan biru. Sel kerucut yang peka terhadap warna merah adalah yang paling banyak, diikuti oleh sel kerucut yang peka terhadap warna hijau, terakhir sel kerucut yang peka terhadap warna biru. Inilah sebabnya mengapa warna merah lebih mudah menjadi perhatian kita daripada warna lainnya.

Dengan demikian, ruang operasi yang dominan dengan nuasa warna hijau atau biru memungkinkan mata ahli bedah untuk memusatkan perhatian pada warna merah darah dan sudah pasti akan memusatkan perhatian pada operasi itu sendiri.

Prinsip yang sama yang digunakan untuk tribun dan plat iklan yang berwarna hijau di lapangan tenis Roland Garros supaya penonton memusatkan perhatian pada lapangan tenis yang warna terakota (merah bata) tempat pertandingan berlangsung.

Akhir kata, sebagai saran untuk penderita hematofobia (takut pada darah), jangan memakai kemeja atau kaos berwarna merah saat menghadiri istri Anda melahirkan

Share

Video Popular