Kentut merupakan fenomena alami dalam tubuh manusia, selain bau tak sedap, konon katanya kentut berkhasiat membakar kalori, tetapi pandangan ini tidak benar. Kentut tidak akan membakar kalori, juga bukan cara yang baik untuk menurunkan berat badan, tetapi bau kentut memiliki manfaat tertentu terhadap kesehatan.

Melansir laman “Medical Daily”, Ketika Anda kentut, otot Anda akan rileks, sementara tekanan gas dalam usus akan mengalami perubahan, untuk memudahkan mengeluarkan gas. Oleh karena itu, coba renggangkan tubuh ketika (akan) kentut, dengan demikian kemungkinan baru bisa membakar kalori.

Menurut laporan yang dirilis Universitas Exeter, Inggris tahun 2014 lalu, meskipun kentut tidak berefek untuk menurunkan berat badan, tapi ia bermanfaat terhadap kesehatan.

“Meskipun dikenal sebagai gas menyengat pada telur busuk dan perut kembung, hidrogen sulfida secara alami diproduksi dalam tubuh dan sebenarnya bisa menjadi pahlawan kesehatan dengan implikasi yang signifikan untuk terapi dari berbagai penyakit pada masa depan,” tutur para ilmuwan Exeter.

Kentut juga menandakan bahwa saluran usus dalam tubuh itu sehat, kemungkinan merepresentatifkan mikroba dalam perut sedang bekerja keras. Selain itu, ketika Anda merasa perut kembung, kentut akan bisa seketika mengurangi ketidaknyamanan itu.

Ketika Anda  sedang di tempat umum dan mencium bau kentut yang menyengat, Anda mungkin dapat berterima kasih pada orang yang “buang angin” karena telah menyelamatkan hidup Anda,(Epochtimes/Jhn/Yant)

Share

Video Popular