Saat teman kantor mendapat hal yang baik, hati menjadi tenang dan bahagia. Kondisi ini ibarat sebuah harta yang tak ternilai harganya.

Namun, ada orang yang tidak berani berbagi perasaan seperti ini. Sebaliknya, mereka mungkin merasa gelisah ketika seseorang lebih baik dari dirinya.

Karena kecemburuan, seseorang mungkin menghina atau merugikan orang lain. Kenyataannya, berperilaku seperti itu pada akhirnya akan melukai diri mereka sendiri.

Berikut ini adalah sebuah contoh dalam sejarah.

Kisah dua teman sekolah

Sun Bin adalah salah satu jenderal terbesar yang hidup di Tiongkok kira-kira 2.000 tahun yang lalu. Bersama-sama Pang Juan, ia belajar pada guru yang sama.

Setelah Pang Juan menjadi jenderal di Negara Bagian Wei, dia tahu Sun akan menjadi pemimpin yang lebih baik. Karena cemburu, dia menjebak Sun, mencap dia sebagai penjahat dan merusak masa depannya.

Sun Bin pergi ke Negara Bagian Qi. Sun segera memperlihatkan kemampuan militernya yang ulung.

Ketika Negara Wei menyerang Negara Zhao, Sun memerintahkan tentara untuk menyerang ibu kota Wei dari pada membantu untuk mempertahankan negara yang diserang.

Strategi ini berlangsung dengan baik, dan menjadi kasus klasik dalam sejarah militer Tiongkok, sering disebut “mengepung Wei untuk menyelamatkan Zhao”.

Karena perang dua negara, Sun Bin dan Pang Juan terus saling berhadapan. Pang Juan sangat terobsesi untuk mengalahkan Sun Bin. Pada akhirnya Pang Juan justru kalah di tangan Sun Bin.

Kecemburuan dan kekejaman Pang telah merugikan orang lain dan juga mengakhiri hidupnya sendiri.

Baik budaya Timur maupun Barat selalu menganjurkan orang untuk memiliki hati yang baik. Kebaikan mendapat balasan yang baik, begitu juga sebaliknya. Iri hati akan membawa petaka.

Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing, salah satu kaisar yang paling dihormati dalam sejarah Tiongkok, pernah berkata, “Bagi siapapun yang menjadi bagian dari masyarakat, adalah penting untuk bermurah hati.

Yaitu, merasa gembira ketika kehidupan orang berjalan dengan baik dan merasa simpati ketika kehidupan orang lain merosot. Melakukan demikian akan baik bagi diri sendiri… Langit akan memberkati orang ini.” (erabaru.net/Dpr)

Sumber: id.minghui.org

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular