Kasus Xiao Jianhua adalah Terobosan Penting untuk Habisi Kubu Jiang Zemin (1)

318
Xiao Jianhua, sang mediator pencucian uang dari grup Jiang, mobilitasnya di Hongkong selalu dikawal oleh body guard perempuan. (internet)

Oleh: Luo Ya

Sejak tahun baru imlek sampai sekarang, kasus Xiao Jianhua selalu menjadi pusat perhatian media massa Hongkong maupun luar negeri.

Pakar dalam sistem internal Partai Komunis Tiongkok/PKT Xin Ziling ketika diwawancara Dajiyuan (Epoch Times berbahasa mandarin) menyatakan, kasus ini bukan dibesar-besarkan oleh media massa, peristiwa ini sendiri memang menggemparkan Zhongnanhai.

Saat ini di tengah konflik sengit antar dua pusat komando, Xiao Jianhua dikuasai oleh Wang Qishan (tangan kanan Xi dalam pemberantasan KKN), karena ini adalah titik terobosan penting untuk menyelesaikan permasalahan Jiang Zemin dan Zeng Qinghong.

Xin Ziling yang merupakan mantan dosen di Sekolah Militer RRT sekaligus sebagai editor penerbit pustaka militer menjelaskan, wakil menteri Departemen Keamanan Publik telah diutus (ke Hongkong), lalu tokoh bernama Xiao Jianhua ini muncul ke permukaan

Sekarang ditangkapnya Xiao ada dua versi. Versi pertama mengatakan ia ditangkap oleh Keamanan Publik. Versi kedua mengatakan melalui berbagai negosiasi, Xiao Jianhua bersedia membantu menyelesaikan masalah, versi kedua ini juga beralasan.

Menurut Analisa Xin Ziling, karena Xiao Jianhua adalah sarung tangan putih (mediator dalam pencucian uang) bagi Jiang dan Zeng, sebaliknya Jiang dan Zeng adalah beking Xiao Jianhua. Asset yang dimiliki Xiao Jianhua dikabarkan mencapai RMB 40 milyar atau sekitar Rp. 77,5 triliun. Asset yang bisa digunakan yang dikuasainya mencapai RMB 1 trilyun  atau Rp. 1.939 triliun.

Jumlah itu cukup untuk membuat bursa saham Shanghai bergolak dan Xiao bisa semena-mena. Karena “buaya besar” ini selalu bersembunyi di dasar sungai, maka sulit untuk menangkapnya. Setelah berupaya beberapa lama, akhirnya orang ini ditemukan, dan ditangkap untuk diperiksa.

“Jika ia bersedia menjadi justice collaborator (mendukung penyelidikan) untuk mengusut macan besar dibalik dirinya, maka itu akan menjadi hal baik,” jelas Xin Ziling.

Menurut Xin Ziling, Xiao Jianhua adalah titik terobosan untuk menyelesaikan perkara Zeng Qinghong (mantan pimpinan senior PKT dan tangan kanan Jiang Zemin di grup Jiang) dan Jiang Zemin.

Kasus terbesar yang melibatkan Zeng Qinghong adalah kasus perusahaan Luneng di Shandong. Seluruh dunia tahu hal itu, pemodalnya adalah Zeng Wei putra Zeng Qinghong.

Untuk menyelesaikan perkara Zeng Qinghong ini mutlak harus ada bukti kuat, harus ada saksi dan barang bukti. Peristiwa ini dilakukan dengan sangat rahasia, dari proses transaksi tidak terlihat kalau Zeng Wei yang telah membeli perusahaan itu, karena dengan serangkaian cara rahasia dan melalui banyak perusahaan lain ia membeli perusahaan Luneng.

Waktu itu Zeng Wei menggunakan nama samaran Zeng Ming, sebagai salah seorang dewan direksi untuk masuk di dalamnya. Zeng Wei memanfaatkan kekuasaan ayahnya telah membeli sebuah BUMN bernilai lebih dari RMB 70 milyar  atau sekitar Rp. 136 triliun hanya dengan uang sebesar RMB 3 milyar  atau Rp. 5,8 triliun saja.

Itu berarti telah mengutil uang sebesar RMB 70 milyar milik negara. Kasus sebesar ini waktu itu tidak ada kejelasannya, karena Jiang Zemin masih eksis, tak bisa diperiksa. Kemudian meskipun banyak orang terutama ketika situs Financial News mengungkap perkara ini, tetap saja tidak bisa diusut tuntas.

“Sekarang masalah ini akhirnya ada titik terang, pemodal ada di sini, ini adalah perkembangan yang sangat penting untuk menyelesaikan masalah Zeng Qinghong,” jelas Xin Ziling.

Menurut informasi Xiao Jianhua juga tidak hanya berhubungan dengan Zeng Qinghong saja, lewat putra putrinya ia berhubungan dengan pejabat di tingkat Dewan Tetap Komisi Politbiro ke atas. Xiao Jianhua adalah pelaku yang mengendalikan asset milik kubu Jiang, untuk menciptakan gejolak di bursa saham.

“Mereka (kubu Jiang) ada di balik layar, tentunya keuntungan itu mereka dapat bagian, tapi pelakunya adalah Xiao Jianhua,” kata Xin Ziling. (sud/whs/rmat)

BERSAMBUNG