Oleh Zhang Ting

Presiden Trump mengeluarkan surat perintah eksekutif untuk membangun dinding perbatasan AS – Meksiko meskipun biayanya masih menjadi polemik. Bila demikian, berapa sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan berkaitan dengan tujuan tersebut?

Laporan internal Departemen Keamanan AS mengungkapkan bahwa biayanya diperkirakan akan mencapai USD 21.6 miliar.

Reuters mengutip laporan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS pada Kamis (9/2/2017) memberitakan bahwa biaya pembuatan dinding perbatasan itu dapat mencapai USD 21.6 miliar, dan membutuhkan 3 tahun untuk menyelesaikan.

Biaya tersebut ternyata jauh lebih besar dari kalkulasi yang dibuat oleh Trump (USD 12 miliar) semasa kampanye dan Ketua DPR-AS Paul Ryan dan Senator Mitch McConnell yang sekitar USD 15 miliar.

Laporan internal tersebut sebenarnya akan diserahkan kepada Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, John F. Kelly untuk dipakai sebagai data dalam proses pendanaannya pada rapat anggaran DPR pada April atau Mei mendatang, sehingga pembangunannya dapat dimulai pada September tahun ini.

Menurut rencana, pembuatan dinding perbatasan sepanjang +/- 2.000 km itu rencananya akan dibagi ke dalam 3 tahapan dan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2020.

Karena sebagian dari perbatasan itu sudah ada pagar pembatasnya (kira-kira 1.046 km), jika ditambah dengan pembuatan dinding yang akan datang, maka hampir seluruh daerah perbatasan kedua negara akan lebih jelas pemisahannya.

Sudah banyak versi perkiraan biaya dan jadwal pelaksanaan pembangunan batas negara  AS – Meksiko sejak Trump mengeluarkan pernyataan hendak mengarah ke sana. Tetapi pemberitaan Reuters itu bersumber dari laporan internal Departemen Keamanan yang akan digunakan sebagai langkah awal oleh John Kelly beserta timnya untuk  memproses pendanaannya.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa terhadap laporan yang belum mendapat persetujuan dari presiden itu selayaknya tidak perlu dikomentari.

Menurut media ‘Newsy’ bahwa perkiraan biaya pembangunan USD 21.6 miliar hitungan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS itu masih belum memasukkan faktor topografi ke dalamnya. Biayanya bisa bertambah jika pembangunan dinding harus ‘naik turun’ gunung tinggi yang berada di daerah perbatasan.

Menurut majalah MIT Technology Review bahwa meskipun biaya yang diperkirakan oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS jauh lebih tinggi dari perkiraan biaya yang dibuat para pimpinan Partai Republik lainnya, tetapi masih lebih rendah dari perkiraan yang dibuat oleh kelompok-kelompok independen.

Untuk membangun sebuah dinding dengan tinggi 50 kaki di atas permukaan tanah dan 10 kaki di bawah tanah sepanjang 1.000 mil (+/- 1.609 km), biayanya bisa mencapai USD 38 miliar. Demikian tulis majalah tersebut.

650 mil panjang perbatasan kedua negara itu sudah dipagari di masa lalu dengan biaya USD 2.3 miliar. Analis menyebutkan bahwa bila pembatas itu mau dibangun sebagaimana yang diharapkan Trump, yaitu dengan menggunakan dinding bertulang beton setinggi 35 – 65 kaki, maka anggarannya akan jauh melejit.

Mengingat bahan-bahan bangunan dan biaya tenaga kerja yang sudah mahal. maka hitung punya hitung, untuk membangunan tembok perbatasan sepanjang 1.000 mil, pemerintah AS perlu menganggarakan dana antara USD 27 – 40 miliar. (erabaru/sinatra/rmat)

Share

Video Popular