Oleh Huang Kaixi

Sejumlah ratusan orang imigran gelap dengan catatan kriminal besar berhasil diringkus petugas keamanan AS.

Juru bicara Departemen Keamanan Nasional Kantor Imigrasi dan Bea Cukai Amerika, ICE pada Jumat (10/2/2017) mengatakan, operasi penangkapan atas peningkatan dalam pelaksanaan perintah eksekutif di sedikitnya 6 negara bagian AS.  Operasi penangkapan dilakukan terhadap hampir 11 juta orang pendatang ilegal.

Juru bicara Kantor Imigrasi AS, Gillian Christensen mengatakan, dalam rangka melaksanakan perintah eksekutif, pihaknya berhasil menangkap ratusan orang imigran gelap dengan catatan kriminal berat dalam operasi penangkapan para pendatang ilegal di 6 negara bagian.

Menurut Gillian, dalam melaksanakan perintah eksekutif yang juga merupakan tugas rutin dalam menegakkan hukum, pihaknya telah mengadakan operasi penggerebekan darurat selama sepekan dari Senin (6/2/2017) hingga Jumat (10/2/2017) di rumah-rumah dan kantor yang berada di 6 negara bagian, yakni Atlanta, Chicago, New York, wilayah Los Angeles, North Carolina, dan South Calorina.

Presiden Trump telah berjanji untuk mendeportasi sekitar 3 juta orang imigran gelap dengan catatan kriminal berat, termasuk para pembunuh dan pelaku kekerasan dalam rumah tangga. para pendatang ilegal tersebut menjadi ancaman bagi keselamatan publik AS.

Juru bicara ICE Los Angeles, David Marin pada Jumat (10/2/2017) mengatakan, pihaknya telah menangkap 160 orang imigran ilegal, 75 % di antaranya tercatat sebagai pelaku kriminal tingkat berat, sisa 35 % lainnya adalah pelaku kriminal tingkat menengah.

Pew Research Center pada Jumat (10/2/2017) merilis laporan yang menunjukkan bahwa ada sekitar 11 ,1 juta orang pendatang dengan status tidak resmi yang tinggal di seluruh wilayah AS.

20 % di antaranya berdiam di New York dan Los Angeles dan sekitar 6.8 juta (61 %) orang penduduk ilegal itu tinggal di 20 kota besar. Jumlah mereka kini sudah mencapai  3.5 % dari jumlah penduduk resmi AS.

Dalam laporan studi tersebut juga disebutkan bahwa sebagian besar imigran gelap itu lebih suka tinggal di kota-kota besar dengan alasan mudah dalam mencari nafkah. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular