Eksperimen Thor: Meneliti Fenomena Jet Biru di Atmosfer (Video)

295
jet biru
Kilat Biasa, Jet Biru dan Red Sprites pada Atmosfer (Gambar: lisensi resmi ESA)

Seorang Astronot ESA (European Space Agency), Andreas Mogensen mengamati fenomena cahaya yang dinamai Jet Biru (Blue Jets) dalam sebuah misi angkasanya.

Jet Biru merupakan fenomena yang muncul di bagian atas atmosfer Bumi. Berbeda dengan kilat biasa yang umumnya berwarna putih dan mengarah ke permukaan Bumi, Jet Biru (sesuai namanya) berwarna biru, menyembur ke atas ke luar angkasa.

Peneliti belum mengetahui secara jelas apa penyebab fenomena ini. Mereka juga belum tahu seberapa sering kilatan ini muncul dan apa akibatnya bagi atmosfer Bumi.

Selama beberapa tahun, kemunculan Jet Biru telah menjadi perdebatan. Ia merupakan fenomena misterius yang belum banyak dipahami ilmuwan, namun penampakannya sempat dilaporkan beberapa kali. Ia terlihat saat terjadi badai kilat.

Jet Biru acapkali dihubungkan dengan Red Sprites, fenomena listrik berwarna merah yang juga tampak di atmosfer Bumi. Eksperimen Thor yang dilakukan Andreas telah menangkap Kilat Biru (Blue Jets) dan Red Sprites dari sebuah stasiun angkasa. Hasil ini membuat peneliti bersemangat untuk menganalisanya lebih lanjut.

Jet Biru (kanan) menyembur ke atas atmosfer. (Screenshot dengan ijin ESA)

Eksperimen Thor, merujuk pada nama Dewa Petir dalam budaya Nordik, merupakan bagian dari eksperimen Atmosphere–Space Interactions Monitor (ASIM) yang akan diluncurkan pada tahun 2017 ini.

Karena proteksi atmosfer Bumi, fenomena listrik langit ini sangat sulit ditangkap dari daratan.

Untuk menangkap gambar ini, angkasawan harus berada pada orbit dan posisi yang tepat.

Mereka harus mengambil gambar dari posisi di bawah ketinggian operasi satelit pencitraan.

Peluncuran ASIM diharapkan mampu memberi penjelasan yang lebih rinci terhadap fenomena langit misterius ini dan menjadi jendela bagi pengetahuan manusia di masa depan. (Dhyana Pramana / Epoch Times)

Video: http://www.esa.int/spaceinvideos/content/view/embedjw/469651″ width=”640″ height=”360″ frameborder=”0″></iframe>