Medan Elektromagnetik Bintang yang Unik, Lebih Kuat 100 Juta Kali dari Bumi

362
Medan magnet dari bintang yang unik ini jauh lebih kuat 100 juta kali dari medan magnet bumi.(Sumber:ESO)

Oleh: Zhang Bing-kai

Untuk pertama kalinya para ilmuwan menemukan pulsar katai putih yang misterius dengan ukuran setara bumi,  tapi massanya jauh lebih besar 200 kali dari massa bumi.

Para ilmuwan mengatakan, karena kuatnya medan magnet dari pulsar katai putih tersebut, membuat bintang pendampingnya pulsar menghasilkan arus listrik yang besar, sehingga seluruh sistem bintang bagaikan generator super.

Pulsar katai putih ini ditemukan oleh Profesor Tom Marsh dan Boris Gänsicke dari Universitas Warwick, bersama dengan Dr David Buckley dari Observatorium Astronomi Afrika Selatan.

Sistem bintang biner eksotis yang terletak pada jarak sekitar 380 tahun cahaya dari Bumi ini teridentifikasi sebagai sebagai AR Scorpii (AR Sco).

Profesor Tom Marsh dari Universitas Warwick seperti dilansir Science Alert, menjelaskan bahwa dari data pengamatan terbaru menyebutkan, bahwa cahaya yang dipancarkan AR Sco menunjukkan karakteristik polarisasi yang tinggi, dimana cahaya dari segenap planet dikendalikan oleh medan magnet.

Sebenarnya pulsar katai putih ini bagian dari sistem bintang biner eksotis. Pulsar katai putih ini dapat berotasi sekali dalam 2 menit (Bumi butuh sekitar 24 jam untuk sekali berotas), dan memancarkan partikel bermuatan listrik serta radiasi yang kuat pada bintang pendampingnya.

AR Sco bagaikan sebuah generator raksasa: sebuah magnet seukuran Bumi, jauh lebih kuat 10,000 kali dari medan magnet terkuat di laboratorium kita, pulsar katai putih ini dapat berotasi setiap 2 menit.

Sementara itu, peneliti lainnya Boris Gänsicke menambahkan, bahwa medan magnet yang kuat itu akan membuat bintang pendampingnya menghasilkan arus listrik yang saat besar.

“Dan kami mendeteksi perubahan kecerahan yang relevan,” katanya.

Itu pulsar katai putih pertama yang diamati astronom.

Sejauh ini para ilmuwan telah menemukan ribuan pulsar, mereka (pulsar) adalah bintang neutron berotasi cepat yang terbentuk dari ledakan keras bintang.

Perbedaan antara bintang neutron dan katai putih terletak pada pola pembentukan mereka yang tidak sama. Bintang neutron terbentuk dari ledakan supernova dan puing-puing bintang bermassa besar. Sementara bintang katai putih adalah hasil dari hancurnya bintang bermassa rendah. Dengan demikian, suhu bintang neutron jauh lebih tinggi dari suhu bintang katai putih, medan magnetnya juga lebih kuat, dan laju rotasinya juga lebih cepat.

“Hingga saat ini masih belum diketahui apakah pulsar kata putih itu merupakan bintang yang langka,” kata ilmuwan. (Secretchina/Chen Gang/joni/rmat)