Sumber pemerintah Korea Selatan beberapa waktu lalu, mengungkapkan bahwa saudara lelaki Kim Jong-un, Kim Jong-nam meninggal dunia di Malaysia.  Kim Jong-nam tewas akibat diracun oleh 2 orang agen wanita Korea Utara.

Namun, pihak berwenang Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan bahwa masih belum ada konfirmasi mengenai berita tersebut dan badan intelijen juga belum memberikan komentar tentang hal ini.

Yonhap mengutip ucapan sumber pemerintah menyebutkan, Kim Jong-nam yang merupakan saudara lain ibu dari Kim Jong-un itu dibunuh orang di Malaysia pada Senin (13/2/2017). Tetapi sumber tidak mengungkapkan lebih lanjut.

Kepolisian Malaysia pada Selasa (14/2/2017) memberitahu Reuters bahwa seorang warga Korea Utara yang belum diketahui identitasnya pada Senin (13/2/2017) mengalami penusukan oleh orang tak dikenal sewaktu berada dalam perjalanan dari airport menuju rumah sakit di Kua;a Lumpur.

Polisi Distrik Sepang Abdul Aziz Ali mengatakan bahwa, identitas warga Korea tersebut belum dikonfirmasi.

Seorang petugas ruang gawat darurat Rumah Sakit Putrajaya mengatakan, bahwa telah datang seorang warga asing dari Korea yang sudah meninggal, bermarga Kim yang lahir pada 1970.

TV Korea Selatan Chosun mengutip ucapan dari sumber pemerintah melaporkan, Kim Jong-nam telah meninggal di Kuala Lumpur karena disuntik dengan racun oleh 2 orang yang diduga adalah agen wanita Korut. Setelah itu kedua wanita tersebut langsung kabur.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan konfirmasi mengenai kejadian tersebut. Media pun gagal menghubungi badan intelijen dalam memperoleh kepastian atas hal ini.

Pemerintah Korea Utara dan media mereka sampai sekarang sama sekali tidak menyinggung masalah ini.

Kim Jong-nam yang kini berusia 46 tahun adalah putra pertama dari Kim _Jong-il, dianggap paling berpotensi untuk mewariskan tahta. Tetapi setelah Kim Jong-un memegang kekuasaan, ia terpaksa menyingkir ke luar negeri, hidup dalam pengasingan.

Yonhap menambahkan bahwa, setelah Kim Jong-un mengeksekusi mati pamannya Jang Seong-taek pada 2013, sudah ada kalangan yang berspekulasi, famili terdekat lainnya yang bakal disingkirkan adalah saudara lelakinya Kim Jong-nam.

Pada 2001, Kim Jong-nam terpaksa berurusan dengan polisi Jepang karena diketahui menggunakan  paspor palsu untuk berwisata di Jepang. Karena itu ia ditangkap dan diekstradisi. Saat itu ia mengatakan, ia sebenarnya ingin mengunjungi Disneyland Tokyo. Setelah itu ia mulai menjauhi pusat kekuasaan Korut dan memilih hidup di Macao. (erabaru.net/sinatra/rmat)

Share

Video Popular