Sangat jarang ada orang yang tidak memikirkan berat badannya, bahkan dalam hal keputusan kecil seperti sedikit keraguan apakah akan mengambil brownies atau buah-buahan sebagai pencuci mulut. Dan orang yang jarang tersebut juga adalah orang yang tidak membuat keputusan yang berhubungan dengan berat badan secara sadar, lebih baik memilih salad daripada pasta, yang mesti menghabiskan satu jam di treadmill untuk membakar kalorinya.

Sebagai praktisi pengobatan Tiongkok, saya melihat cukup banyak pasien yang peduli akan berat badannya. Sebagian ingin tahu apakah akupunktur bisa mengurangi 7 kilogram kelebihan berat badannya, yang lain berkata alangkah bagusnya jika akupunktur juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan mereka yang besar terhadap jajanan kue.

Sama seperti pada masalah yang berhubungan dengan kesehatan lainnya, kita ingin sebuah peluru ajaib. Penderita migrain ingin tahu apa yang menyebabkan kepalanya sakit. Orang yang menderita kecemasan menginginkan solusi cepat. Dan orang yang ingin menghilangkan berat badan, menginginkan satu makanan yang dapat berperan sebagai makanan ajaib yang akan melunturkan lemak untuk selamanya.

Berita buruknya adalah, sangat jarang hanya ada satu faktor yang berkontribusi terhadap sakit migrain, kecemasan, atau kelebih-an berat badan; semua hal itu disebabkan oleh banyak faktor yang berkembang bersama, seiring berjalannya waktu.

Berita baiknya adalah, sekali Anda telah paham bahwa tidak ada alasan lagi untuk menambah berat badan, maka akan lebih mudah untuk mendapat hasil daripada mengambil langkah kecil yang membutuhkan waktu lama.

erikut tujuh faktor yang dapat memengaruhi berat badan:

1. Semua seputar tentang kalori bukan?

Belum tentu. Kenyataannya, jumlah kalori pada label makanan hanyalah sebuah perkiraan. Bagaimana cara Anda memasak makanan tertentu, berapa banyak serat yang terkandung, seberapa banyak nutrisi yang ada di dalamnya, dan apa yang dilakukan tubuh untuk mencerna makanan tersebut, akan berpengaruh terhadap berapa banyak jumlah energi yang akan Anda dapatkan dari makanan tersebut. Jadi, dengan menghitung jumlah asupan kalori belum tentu cara yang tepat untuk menjaga berat badan.

2. Seberapa baik tubuh menguraikan asupan

Seberapa baik tubuh menguraikan makanan yang Anda konsumsi dan kemudian mengubahnya menjadi energi dan nutrisi, mempunyai pengaruh terhadap berat badan Anda.

Jika Anda tidak melakukan metabolisme yang baik terhadap makanan dan cairan yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menjadi pekat dan lembab, menyebabkan timbulnya kantung-kantung lembap, yaitu jaringan lemak. Anda bisa mengetahui apakah sistem pencernaan Anda memerlukan bantuan jika mengalami gejala-gejala gangguan pencernaan seperti kembung, sakit perut, mulas, mual, sembelit, atau mencret. Selain itu, keinginan kuat mengonsumsi makanan manis serta karboidrat juga adalah sinyal gangguan pencernaan.

3. Antibiotik

Penggunaan antibiotik juga bisa menjadi faktor yang berpengaruh terhadap pencernaan. Dalam berita baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan bahwa sejumlah besar penggunaan antibiotik, atau penggunaan antibiotik di usia dini, bisa berpengaruh negatif terhadap bakteri baik yang ada di usus, bukan hanya memengaruhi pencernaan, namun juga seluruh kesehatan Anda.

4. Emosi dan stres yang kuat

Ketika Anda marah atau stres, keseimbangan hormon yang berhubungan dengan stres di dalam tubuh Anda juga menjadi marah.

Kortisol, adrenalin, dan insulin meningkat (ataupun menurun) dengan cara yang membuat Anda siap melakukan respon melawan atau menghindar. Salah satu sistem tubuh yang menurun ketika Anda sedang stres adalah sistem pencernaan, karena Anda tidak memerlukannya baik jika Anda melawan ataupun menghindar, paling tidak, tidak pada saat itu.

Intinya adalah, stres yang kronis atau peningkatan emosi hanya akan memperburuk proses pencernaan Anda dalam suatu cara tertentu yang akhirnya akan membuat Anda menambah berat badan, dan berkat kortisol yang bertambah, berat badan Anda akan menumpuk di bagian tengah postur tubuh.

5. Olahraga

Anda sering kali mendengar bahwa olahraga merupakan jalan terbaik untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori. Ini memang benar, namun olahraga ataupun latihan gerak dalam pengobatan Tiongkok, juga bagus untuk alasan lainnya. Kesehatan yang baik berarti cukup memiliki persediaan substansi vital dalam tubuh, seperti Qi dan darah.

Namun bagian kedua dari persamaan ini adalah, substansi-substansi tersebut harus mengalir lancar di dalam tubuh supaya bisa mencapai vitalitas yang optimal. Berat badan yang berlebihan dianggap sebagai semacam blokade ataupun stagnansi (suatu benda yang hanya diam di satu tempat dan tidak bergerak). Jadi, melalui latihan gerakan akan terjadi seperti yang dikatakan dalam ungkapan “gerakan menciptakan gerakan”. Dengan menggerakkan tubuh, Anda sedang menciptakan aliran dan membantu mengerakkan beberapa jaringan lembap yang berdiam di paha Anda.

6. Faktor usia

Dengan bertambahnya usia, Anda akan menyadari bahwa mengurangi berat badan terasa lebih sulit daripada 10 tahun lalu. Metabolisme Anda telah melambat sedikit dan akan menjadi lebih sulit untuk membangun massa otot dan pembakaran kalori dengan usaha sama yang Anda lakukan 10 tahun lalu. Dan bagi para wanita, mengalami menopause, sebuah perubahan hormonal, hal yang hanya akan membuat pengendalian berat badan menjadi sedikit lebih sulit.

7. Anda itu unik

Kita semua menginginkan ada obat mujarab atau satu rencana diet yang pasti berhasil bagi semua orang, namun kenyataannya adalah, kita semua unik. Dalam pengobatan Tiongkok, akan mustahil menggunakan rencana penanganan suatu masalah kesehatan, yang bisa sesuai untuk semua orang. Hal itu dikarenakan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh sepenuhnya berbeda dari seorang bos, anak-anak, rekan kerja, atau siapapun yang juga sedang mengusahakan kesehatan optimal. Masing-masing dari kita memerlukan sesuatu yang berbeda tergantung dari beragam faktor.

Berdasarkan faktor-faktor di atas, berikut adalah beberapa langkah yang mungkin akan membantu mengurangi berat badan Anda.

Perhatikan pencernaan. Jika Anda mengalami gejala-gejala gangguan pencernaan, pastikan asupan telah dimasak matang dan hindari minuman yang sangat dingin.

Probiotik. Jika Anda tidak bisa berhenti mengonsumsi antibiotik, Anda bisa menambahkan probiotik, yoghurt, kefir, asinan, dan makanan fermentasi lainnya dalam makanan Anda untuk membangun kembali mikroflora di dalam usus Anda.

Jangan bergantung pada penghitungan kalori. Paling sedikit jangan jadikan penghitungan kalori sebagai satu-satunya strategi pengendalian berat badan. Pilih makanan yang bisa dicerna, konsumsi lebih sedikit gula dan karbohidrat, dan yang tidak diproses.

Kendalikan stres. Sungguh, berat badan dan kesehatan Anda bergantung pada hal ini.

Gerakkan tubuh. Anda tidak suka berolahraga keras atau ikut dalam pelatihan militer, namun cobalah beberapa gerakan (yang menyenangkan) setiap harinya.

Terapi makanan. Cari bantuan dari praktisi yang paham betul tentang terapi makanan Tionghoa. Anda tidak akan menyesal.

Bertemanlah dengan tubuh sendiri. Tubuh Anda bukanlah musuh yang akan membuat Anda harus kelaparan dan menyiksa diri supaya tercapai bentuk tubuh ideal. Terimalah kenyataan bahwa tubuh Anda berubah sepanjang waktu, dan perlakukan dengan cinta kasih. Tubuh ini adalah satu-satunya yang Anda miliki. (Epochtimes/ Lynn Jaffee /Jls/Yant)

Lynn Jaffee adalah seorang akupunkturis bersertifikat.

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular