Jika Anda ingin menikah dengan orang tercinta, pastikan penyampaian deklarasi cinta Anda di telinga kirinya. Penelitian baru menunjukkan bahwa ketika seseorang mendengarkan pernyataan cinta, lelucon atau kata-kata murka melalui telinga kiri, ingatannya akan lebih mendalam; disisi lain, pedoman pelaksanaan, informasi yang tidak terkait dengan perasaan, jika diterima dari sisi telinga kanan akan lebih efektif.

Hal tersebut terkait dengan cara otak Anda memproses informasi. Walaupun struktur otak belahan kiri dan belahan kanan itu mirip, namun mereka masing-masing memiliki fungsi khusus. Otak kiri dominan pada logika dan perilaku, otak kanan lebih fokus pada bidang imajinasi.

Otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, otak kiri sebaliknya, sejumlah studi menunjukkan bahwa telinga kiri merupakan jalan yang menuju pada sisi perasaan otak kita, sedangkan telinga kanan menuju pada sisi yang tak terkait dengan non-perasaan dan logika.

Perasaan terhadap warna pada mata kanan lebih sensitif, sedangkan kaki kanan lebih peka terhadap garuk menggaruk. Orang lebih suka dicium pipi kirinya, juga lebih suka menggendong anak pada sisi kiri tubuh. Sejumlah pandangan tersebut berasal dari studi beberapa psikolog dan pencitraan otak serta penelitian terhadap pasien cedera otak.

Fungsi otak manusia itu memang luar biasa, materi abu-abu dan materi putih seberat kira-kira 3 pon yang berada diantara dua telinga adalah objek penelitian dalam alam semesta yang paling kompleks yang sudah diketahui oleh manusia, hanya neuron yang terkandung sudah sebanyak gugusan bintang yang berada dalam galaksi Bima Sakti.

Selama ini para ilmuwan mengeksplorasi fungsi otak manusia. Penelitian telah membuktikan bahwa fungsi otak kanan dan otak kiri berbeda, cara interaksinya memiliki dampak yang signifikan terhadap aktivitas mental.

Fungsi otak kiri meliputi:

  • Logika
  • Detail
  • Fakta
  • Kosa kata bahasa
  • Matematika dan ilmu pengetahuan
  • Instruksi/ mode rasa

Sedangkan untuk otak kanan bertanggung jawab untuk:

  • Perasaan
  • Daya imajinasi
  • Simbol dan gambar
  • Filsafat dan agama
  • Persepsi ruang

Lelucon kebanyakan diproses oleh belahan otak kanan maka itu jika didengarkan melalui telinga kiri akan merasakan lebih lucu. Tak peduli adalah kidal atau bukan, ada sekitar 70 hingga 85% wanita akan menggendong anak di sisi kiri tubuh, karena mungkin dapat membantu mereka lebih memahami kebutuhan emosional anak.

Aroma bunga mungkin berpengaruh lebih banyak terhadap lubang hidung sebelah kiri, gambar-gambar yang dilihat oleh mata kiri bisa diingat lebih kuat. Kebanyakan orang ketika berpikir masalah yang berkaitan dengan bahasa akan melihat sebelah kanan, ketika memikirkan masalah ruang akan melihat sebelah kiri. Para peneliti berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh karena bagian otak yang berbeda menangani informasi yang berbeda.

Apakah Anda adalah “tipe otak kanan” atau “tipe otak kiri”? Condong pada bahasa dan logika ataukah perasaan dan intuisi? Menemukan hal tersebut akan membuat Anda lebih memahami kepribadian diri Anda sendiri. (Epochtimes/Lin/Yant)

Share

Video Popular