Pihak berwenang Jerman pada Jumat (17/2/2017)  mengeluarkan larangan bermain dengan Cayla, boneka yang dapat diajak berkomunikasi melalui jaringan internet. Itu adalah salah satu jenis peralatan mata-mata, begitu mereka memperingatkan.

AFP memberitakan, Federal Network Agency, Jerman yang bertanggungjawab untuk melakukan pengawasan terhadap fungsional sarana menghimbau para orangtua di Jerman agar menjauhi atau tidak menggunakan fungsi yang terdapat pada boneka tersebut.

“Produk yang dilengkapi dengan fungsi camera untuk mengambil gambar atau mikrofon dan dapat dipakai untuk mengirim keluar data-data dengan tanpa terdeteksi, mungkin saja merugikan masyarakat,” kata Ketua Federal Network Agency, Jochen Homann.

Boneka tersebut akan melalui aplikasi yang tersedia untuk mengirim keluar pertanyaan yang diajukan anak-anak saat bermain dengannya. Pertanyaan itu kemudian diterjemahkan ke dalam teks dan dicarikan jawabannya dari internet, kemudian disajikan kembali sebagai jawaban dalam bentuk suara boneka.

BBC memberikan contoh, bila seorang anak bertanya kepada Cayla, “Kuda yang masih kecil itu apa namanya?”

Cayla yang sudah terhubung dengan jaringan internet akan menjawab , “Anak kuda”.

AFP melaporkan, Federal Network Agency Jerman telah mengeluarkan peringatan bahwa tidak peduli apa isi pembicaraan anak dengan boneka, tetapi mungkin saja suara-suara percakapan antar orangtua yang sedang berada di sekeliling, dapat terekam oleh boneka yang kemudian mengirimnya ke luar.

Federal Network Agency juga menyebutkan bahwa produsen boneka bisa saja memanfaatkan boneka untuk ‘menjual produk’ atau mengiklankan sesuatu.  Atau bila pengamanan aplikasi yang dibuat produsen kurang baik, sehingga rekamanan suara yang dikirim ke luar oleh boneka tersebut dapat juga tertangkap oleh orang lain dengan tanpa diketahui.

Namun, BBC mengatakan bahwa Toy Retailers Association Inggris menyebut boneka tersebut “tidak mengandung resiko khusus”, oleh karena itu “tidak ada alasan untuk panik”. (Central News Agency/Sinatra/rmat)

Share

Video Popular