Jika Serangga Ini Ada di Rumah Anda, Segera Pergi ke Rumah Sakit (Video)

815
serangga

Anda mungkin pernah mendengar serangga yang bernama kissing bug atau triatoma. Serangga ini suka menggigit orang di sekitar mata dan mulut selama tidur. Anda salah besar jika berpikir gigitan kissing bug tidak berbahaya dan hanya menyebabkan gatal-gatal seperti gigitan nyamuk.

Tidak ada yang dapat dikagumi atas “ciuman” si kissing bug; karena menyebabkan infeksi yang disebut penyakit chagas yang menyerang manusia dan hewan.

“Ciuman” kissing bug ini menjadi terkenal karena berpotensi menyebabkan kematian … dan yang lebih mengganggu adalah bersarang di dekat Anda.

Kissing bug yang mungil ini menyebabkan infeksi parasit yang cukup serius pada manusia maupun hewan, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan gagal jantung kongestif. Beberapa ahli bahkan menyebutnya sebagai “HIV / AIDS” baru.

Jika Anda pernah melihat kissing bug di dekat Anda, maka periksalah apakah Anda menderita demam, nyeri kepala, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, kesulitan bernapas, perut bengkak, nyeri dada, atau kelemahan dan kelelahan, beberapa gejala diantaranya.

Jika Anda menduga sudah digigit oleh serangga ini, maka periksalah dengan segera apakah Anda menderita gejala-gejala tersebut di atas, karena fase berikutnya dimulai lebih dari 10 tahun sampai 30 tahun kemudian! Di mana pada saat itu parasit tersebut bergerak ke otot-otot jantung dan merusaknya.

Penyakit chagas dimulai dengan gejala awal seperti peningkatan denyut jantung, kelemahan, diare, perut bengkak, kebingungan, dan kehilangan nafsu makan. Jika gejala awal ini tidak diobati, maka dapat menyebabkan masalah jantung dan pencernaan yang fatal yang dapat mengakibatkan kematian.

Deteksi dan pengobatan dini adalah kunci untuk sembuh dari penyakit chagas. Mengurangi risiko berhubungan dengan penyakit chagas dapat dilakukan dengan menutup bukaan di rumah Anda yang berfungsi sebagai pintu masuk kissing bug ke dalam rumah dan menjaga rumah dan halaman sebersih mungkin.

Jika Anda memelihara anjing, lebih baik anjing tersebut dimasukan ke dalam rumah pada malam hari untuk menghindari kissing bug yang merupakan binatang yang aktif di malam hari. Jika rumah anjing berada di luar rumah, maka letaknya harus lebih tinggi dari tanah.

Jangan pernah menghancurkan atau menyentuh kissing bug dengan tangan kosong. Jaga mata Anda jangan sampai digigit triatoma ini ketika Anda berada di luar rumah – tidak semua ciuman adalah indah!(NTDTV/Vivi)