Sepenggal Sejarah Aib Militer PKT (1)

280
Veteran RRT bernama Wang Qi yang telah 54 tahun berdiam di India baru-baru ini pulang ke kampung halamannya di provinsi Shaanxi. Foto keluarga Wang Qi. (internet)

Oleh: Li Jing

Seorang veteran perang RRT bernama Wang Qi menjadi sorotan media karena telah 54 tahun berdiam di India dan baru-baru ini berhasil pulang ke kampung halamannya di Qianxian kota Xianyang provinsi Shaanxi, Tiongkok.

Akan tetapi Kedubes RRT di India mengirimkan SMS kepada keluarga Wang Qi yang berbunyi bahwa  keluarganya wajib menandatangani surat perjanjian, bahwa setelah kembali ke RRT, keluarganya harus bertanggung jawab penuh atas masa jompo Wang Qi, pihak kedubes baru akan melakukan koordinasi lebih lanjut.

Begitu berita ini diungkap oleh media massa, sontak memicu serentetan opini di kalangan netizen.

Kedubes Partai Komunis Tiongkok/PKT Tetapkan Syarat Keluar Negeri: Keluarga Wajib Tanggung Masa Jompo

Menurut berita oleh media RRT, 12 Februari pagi hari, keponakan Wang Qi yang bernama Wang Yingjun mengatakan, ketika sang paman kembali dari India ke kampung halaman mengalami aklimatimasi dan tekanan darah tidak stabil.

Putra dan cucu Wang Qi lahir dan besar di India, tidak terbiasa dengan makanan di Tiongkok, dan sedang berusaha mendapatkan masakan India. Mengenai rencana ke depan, Wang Qi menyatakan, bisa pergi ke India juga bisa kembali ke RRT, keduanya tidak masalah.

Namun, sebelum Wang Qi kembali ke RRT, kakak tertua Wang Qi yang bernama Wang Zhiyuan sempat menunjukkan kepada wartawan sebuah SMS dari Kedubes RRT di India kepada putranya Wang Yingjun.

SMS tersebut menyebutkan, kerabat Wang Qi harus menandatangani perjanjian bertanggung jawab penuh atas masa jompo Wang Qi sekembalinya ke RRT, setelah itu pihak Kedubes RRT baru akan melakukan koordinasi terkait masalah kepulangan Wang Qi.

Wang Qi adalah anak ketiga dari 7 bersaudara. Menurut kakak tertua Wang Qi, di India Wang Qi telah menikahi gadis setempat dan memiliki dua putra dan dua putri dari pernikahan mereka, “Tapi selama ini ia mendambakan untuk kembali ke kampung halaman, sehingga tidak menjadi warga negara India sampai sekarang.”

Rekan Veteran Tidak Puas Atas Rekayasa Pemerintah

Sebelum kembali ke RRT, media massa ofisial PKT sudah menciptakan “lagu wajib” dengan berita ini, yang kontennya sarat dengan membandingkan “keterbelakangan India” dengan kehebatan “pertumbuhan ekonomi” di RRT.

Di kampung halaman Wang Qi tidak seperti biasanya, banyak reporter dari berbagai penjuru negeri datang ke rumahnya, saat melakukan penjemputan di bandara, pejabat pemerintah juga memamerkan spanduk “upaya keras pemerintah” dan lain-lain.

Di saat bersamaan media ofisial PKT memberitakan tokoh Wang Qi ini berulang kali, rekan veteran Wang Qi yakni Zhang Chenggen, Liu Qingyou, Cheng Zhongde dan lain-lain merasa sangat tidak puas atas pemberitaan oleh pemerintah tersebut.

Menurut berita foto yang dimuat Star News dari Zhang Chenggen menunjukkan, “Para rekan veteran kami juga sudah 56 tahun pulang, sama sekali tidak ada yang memperhatikan, bahkan ucapan belasungkawa pun tidak ada, setelah 5 tahun memperjuangkan hak kami, tidak ada seorang pun membela kami, pemerintah bersikap dingin, pejabat tidak melakukan apa pun, sungguh menyedihkan! Sedangkan seorang yang melarikan diri dari kesatuannya itu dinobatkan sebagai ‘pahlawan’, sungguh memalukan!”

Mereka juga mengungkapkan bahwa Wang Qi berdiam di India sebagai prajurit yang desertir/melarikan diri, bukan tersesat seperti yang dikatakan oleh pemerintah. (sud/whs/rmat)

BERSAMBUNG