Teknologi Baru: Pelampung dengan Radio Control (RC

279
rc
Ilustrasi.

Setiap orang bisa saja melihat orang yang sedang tenggelam. Namun, jika orang yang tenggelam dalam kondisi panik atau tidak bisa berenang sama sekali, ini bisa membawa bahaya bagi orang yang ingin menolong. Bahkan, ini juga cukup berisiko bagi lifeguard (penyelamat) yang terlatih.

Kondisi ombak yang ganas, juga menjadi hambatan bagi orang yang jago berenang sekalipun.Untuk mengatasi semua masalah ini, para ahli menambahkan seperangkat teknologi pada pelampung penyelamat yang ada sekarang ini.

Perangkat ini disebut RC – Controlled Life Buoy atau pelampung dengan kendali radio. Sesuai namanya, ini adalah sebuah pelampung udara yang dapat dikendalikan dengan Radio Control (RC). Idenya adalah untuk membuat operasi penyelamatan lebih cepat dan mengurangi kepanikan korban di dalam air.

Pelampung RC ini memberi bantuan pada jarak yang aman, yang memungkinkan seorang pengawas pantai untuk mengirim pelampung udara dari jarak jauh. Seperti layaknya perangkat pengendali PS3, gadget ini memiliki pegangan vertikal dengan joystick bola di atasnya untuk mengarahkan pelampung. Pelampung udara menggunakan semacam jet kecil sebagai mesin pendorong, sehingga bisa menjangkau korban dengan cepat dan aman.(ntd.tv/erabaru/Dpr)