Beberapa orang berpikir bahwa sarapan yang sempurna untuk memulai aktivitas adalah makan atau minum seperti jus jeruk, yogurt, pisang, sayuran dan lain-lain. Dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda apa yang baik untuk dimakan dan apa yang harus dihindari saat perut kosong.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

1. Shortcrust dan puff pastries

Makanan yang mengandung ragi, makana ini akan mengiritasi lapisan lambung dan dapat menyebabkan perut kembung.

2. Pemanis

Makan gula akan meningkatkan kadar insulin, yang pada akhirnya secara bermakna meningkatkan beban pada pankreas yang baru saja “mulai bekerja”. Hal ini dapat menyebabkan diabetes.

3. Yogurt dan produk susu fermentasi lainnya

Jika Anda makan yogurt dalam kondisi lambung kosong, maka asam klorida yang dihasilkan oleh lapisan lambung akan membunuh asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri di dalam yogurt. Jadi makan yogurt dan susu fermentasi untuk sarapan hanya memberi sedikit manfaat bagi tubuh.

4. Buah pir

Serat kasar yang terkandung di dalam buah pir dapat melukai selaput lendir lambung yang halus yang dalam keadaan kosong.

5. Tomat

Tomat mengandung kadar asam tannat yang tinggi akan meningkatkan keasaman di dalam lambung. Hal ini dapat menyebabkan tukak lambung.

6. Ketimun dan sayuran hijau lainnya

Sayuran mentah merupakan sumber yang kaya akan asam amino. Namun, sayuran mentah dapat menyebabkan mulas, perut kembung, dan nyeri perut, terutama bila dikonsumsi saat perut kosong.

7. Pisang

Jika Anda makan pisang saat lambung kosong, maka menyebabkan kadar magnesium di dalam darah meningkat tajam, sehingga dapat membahayakan jantung.

8. Rempah

Makanan pedas dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada mukosa lambung dan meningkatkan produksi asam di dalam lambung, sehingga sering menyebabkan banyak gangguan pada sistem pencernaan.

9. Minuman dingin yang mengandung soda

Minum minuman yang mengandung soda di pagi hari dapat merusak selaput lendir dan mengurangi pasokan darah ke lambung, sehingga makanan lebih lambat dicerna.

10. Buah jeruk

Buah jeruk kaya akan asam buah-buahan. Ketika dimakan saat perut kosong, buah jeruk dapat menyebabkan mulas dan juga meningkatkan risiko gastritis (radang lambung) dan bahkan tukak lambung.

Makanan yang boleh dimakan saat perut kosong

1. Oatmeal

Oatmeal melindungi lapisan lambung sehingga mencegah asam klorida menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. Oatmeal juga mengandung serat yang dapat larut yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Buckwheat

Buckwheat secara lembut merangsang sistem pencernaan. Buckwheat juga merupakan sumber protein, zat besi, dan vitamin yang sangat baik.

3. Bubur tepung jagung

Bubur tepung jagung membantu membuang racun dan logam berat dari sistem tubuh, menormalkan mikroflora usus, dan memberi rasa kenyang untuk waktu yang lama.

4. Wheat germ

Wheat germ adalah bagian inti dari benih gandum yang kaya akan zat gizi.

2 sendok makan wheat germ menyediakan sekitar 15% nilai harian vitamin E yang dianjurkan dan 10% nilai harian asam folat yang dianjurkan. Wheat germ juga menjaga sistem pencernaan supaya tetap berjalan lancar.

5. Telur

Penelitian telah menemukan bahwa makan telur untuk sarapan dapat mengurangi asupan kalori harian secara bermakna.

6. Semangka

Makan semangka saat lambung kosong menyediakan jumlah cairan yang baik. Selain itu, semangka adalah bermanfaat untuk kesehatan mata dan hati, karena mengandung kadar likopen yang tinggi.

7. Blueberry

Menurut penelitian terbaru, makan blueberry secara teratur akan meningkatkan memori, serta mengatur tekanan darah dan metabolisme, terutama jika Anda makan blueberry saat sarapan.

8. Roti yang terbuat dari biji-bijian utuh tanpa ragi

Karbohidrat dan zat nutrisi lainnya yang berguna terkandung di dalam roti yang diperlukan bagi tubuh. Waktu terbaik untuk makan produk ini adalah pagi hari.

9. Kacang

Kacang-kacangan, jika dimakan saat sarapan, akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan menormalkan pH di dalam lambung.

10. Madu

Madu membantu membangkitkan tubuh di pagi hari serta memberikan kekuatan dan energi untuk sistem tubuh. Madu juga meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan kadar hormon “merasa-baik,” yaitu hormon serotonin.(NTDTV/Vivi/Yant)

Share

Video Popular