1,5 Juta Pieces Obat dan Makanan Ilegal Dimusnahkan

136
antidepresan
Ilustrasi obat (Lea Rojec/Shutterstock)

BANJARMASIN – Kepala Badan POM, Penny K. Lukito bersama Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Nor dan lintas sektor terkait memusnahkan lebih dari sebanyak Rp 4 miliar Obat dan Makanan ilegal, yang merupakan barang bukti dan hasil pengawasan Balai Besar POM (BBPOM) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan selama tahun 2016 di halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Jumat (24/2/2017).

Obat dan Makanan ilegal yang dimusnahkan terdiri dari 1.567.480 pieces obat ilegal dengan nilai keekonomian lebih dari 3,9 miliar rupiah; 4.221 pieces obat tradisional ilegal senilai lebih dari 71,3 juta rupiah; 497 pieces kosmetik ilegal senilai lebih dari 11,2 juta rupiah.

Obat dan makanannya lainnya yang dimusnahkan adalah 5.191 pieces obat keras daftar G senilai lebih dari 5,4 juta rupiah; 530 pieces obat kedaluwarsa senilai lebih dari 310 ribu rupiah; 2 pieces suplemen kedaluwarsa senilai 25 ribu rupiah; dan 12 pieces obat tradisional kedaluwarsa senilai 10.500 rupiah. Sehingga total yang dimusnahkan adalah 1.577.933 pieces dengan nilai keekonomian lebih dari 4 miliar rupiah.

“Pengawasan terhadap produksi dan distribusi obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan, dan makanan merupakan tugas utama Badan POM untuk melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berisiko terhadap kesehatan,” tutur Kepala Badan POM dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Badan POM memberikan apresiasi kepada KODIM Banjarmasin yang telah mengamankan lebih dari 1,5 juta butir Carnophen bersama BBPOM di Banjarmasin. “Kerja sama ini harus terus ditingkatkan untuk melindungi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya generasi muda dari penyalahgunaan obat ilegal”, ujar Penny K. Lukito.

Carnophen tablet, yang awalnya merupakan obat yang digunakan sebagai simptomatik terhadap penyakit rematik, sering disalahgunakan untuk bermabuk-mabukan termasuk oleh kalangan remaja.

Untuk itu, izin edar Carnophen tablet telah dicabut dan dibatalkan melalui Keputusan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.1.31.3996 tanggal 27 Oktober 2009 tentang Pembatalan Persetujuan Nomor Izin Edar Carnophen Tablet; Zenzon Captab Salut Selaput 200 mg; Rheumastop Tablet dan Rheumastop Tablet Salut Selaput PT. Zenith Pharmaceutical.

Sepanjang tahun 2016 lalu, BBPOM di Banjarmasin telah menangani sembilan perkara tindak pidana di bidang Obat dan Makanan. Kesembilan perkara tersebut ditindaklanjuti secara pro-justitia. (asr)