Bagi anak-anak yang masih mendapat perhatian, pengurusan dari orangtuanya tentu lebih beruntung ketimbang mereka yang tidak.

Memang kondisi setiap keluarga tidak sama. Beberapa pasutri menempuh jalan perceraian akibat sudah tidak ada lagi kecocokan di antara mereka. Atau karena suatu hal yang di luar kemampuan manusia, sehingga salah satu pasangan harus meninggal lebih awal, meninggalkan kesedihan bagi mereka yang ditinggalkan.

Anak yang dibesarkan dalam keluarga dengan orangtuanya yang sudah tidak lengkap akan membawa pengaruh berupa perubahan sikap. Mereka pada umumnya akan semakin mandiri, lebih berpengertian, terutama bagi anak sulung, mereka sering akan menggantikan peran untuk mengurusi adik-adiknya dengan rasa peduli tinggi yang membuat orang lain menjadi kagum.

Pemuda AS bernama Mohammad yang kini berusia 17 tahun,  mungkin dapat dijadikan teladan dalam memainkan peran anak sulung menggantikan tugas ayah dalam keluarga.

Sejak orangtua Mohammad bercerai, ia dan seorang adik perempuan lalu tinggal bersama ibu. Beban ekonomi yang jatuh ke pundak ibu seorang diri memang sempat membuat uang sewa rumah selama 2 bulan tidak terbayar karena kesulitan keuangan.

Namun, Mohammad yang berpengertian kemudian mengambil alih tugas ayahnya dengan cara membantu ibunya mengurusi adiknya yang masih kecil, dengan demikian, suasana keluarga jadi lebih hangat karena hubungan yang baik.

Hari itu, Mohammad melihat adik perempuannya, Noor yang berumur 6 tahun duduk di sofa dengan muka cemberut lalu bertanya kepadanya.

Ternyata, hal yang membuat Noor gundah hati adalah soal sekolahnya yang akan mengadakan acara pesta menari antar anak dengan ayah.

Ia gundah tak tahu bagaimana untuk mengatasi fakta yang ada. Meskipun dalam hati kecilnya ia ingin sekali bisa berpartisipasi sekaligus mengenakan gaun baru yang indah.

Mohammad yang pengertian tentu tidak akan membiarkan adiknya itu sedih karena tidak bisa ikut menari dan menggunakan gaun baru yang indah. Ia lalu memutuskan untuk membawa Noor pergi membeli gaun indah yang ia inginkan sekaligus berjanji kepada Noor bahwa ia akan ikut menari bersamanya menggantikan peran ayahnya.

Di hari pesta, Noor dapat menari dengan gembira bersama abangnya Mohammad. Tarian mereka yang indah di atas panggung  membuat Mohammad memperoleh penghargaan sebagai ‘Ayah Terbaik’.

Kombinasi mereka berdua dalam menari juga menghasilkan hadiah berupa satu kotak gula-gula yang kemudian mereka bawa pulang dengan gembira.

Selain membantu Noor merealisasikan keinginan menari, Mohammad juga menilai bahwa acara menari itu bermakna spesifik.

“Hal itu seolah mengingatkan saya bahwa keberadaan saya sangat dibutuhkan oleh Noor,” katanya.

Menyadari akan hal itu, Mohammad lalu berbicara kepada adiknya, “Meskipun tanpa ayah, tetapi abang akan selalu berada di sampingmu”.

Sebuah ucapan emosional tetapi menyentuh hati banyak orang.

Noor sangat beruntung memiliki abang seorang Mohammad yang memiliki pengertian dan mau menaungi keadaan orang lain. Meskipun tanpa ayah, namun Noor tentu merasakan kebahagiaan hidup dalam keluarga ini. Silakan berbagi, agar teman lainnya juga membaca artikel ini. (erabaru.net/Sinatra/rmat)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular