Saat ini banyak banyak kabar anak berusia di bawah lima tahun meninggal karena tercebur ke dalam selokan, dalam kolam dan sebagainya. Maka adalah sangat penting bagi orangtua memberikan pengawasan yang memadai, dan juga mengajarkan anak belajar berenang sedini mungkin.

Berikut tips cara mengajar anak berenang

1. Berbicara dengan ikan

Pura-pura berbicara dengan ikan supaya anak Anda mau meniup gelembung di dalam air. Kemudian minta anak Anda untuk menempelkan telinganya di dalam air untuk pura-pura mendengarkan respon dari ikan.

2. Menangkap ikan

Duduk di sebelah anak Anda di tangga kolam renang yang dangkal, atau berdiri saling berhadapan jika kolam renang cukup dangkal dan meminta si kecil untuk mencoba menangkap ikan dengan tangannya. Mintalah si kecil untuk melakukan gerakan lengan gaya bebas, angkat lengannya, cemplungkan lengan di dalam air, kemudian tarik air ke arah dirinya, seolah-olah ada banyak ikan di kolam renang.

3. Mengambang seperti perahu motor

Si kecil menghadap ke Anda, pegang bagian bawah lengan si kecil. Mulailah berjalan mundur. Ketika Anda berjalan lebih cepat, maka air akan mendorong si kecil dengan lembut ke posisi mengambang bagian depan. Berputar perlahan-lahan membentuk dalam lingkaran sambil bernyanyi, “perahu motor, perahu motor, bergerak lamban”. Anda berjalan lebih cepat lagi sambil bernyanyi, “perahu motor, perahu motor, bergerak lebih cepat”. Dengan baris terakhir “perahu motor, perahu motor, tancap gas!” Anda dapat meniup gelembung atau mendorong si kecil untuk menendang kakinya.

4. Lampu merah, lampu hijau

Duduk di sebelah anak Anda pada bagian kolam yang dangkal. Jika anak Anda sudah sedikit lebih besar, ia dapat memegang sisi kolam renang, menghadap dinding kolam renang. Ketika Anda mengatakan lampu hijau, suruh si kecil menendang kedua kaki sepuasnya! Ketika Anda mengatakan lampu merah berarti si kecil berhenti menendang, dan ketika Anda mengatakan lampu kuning berarti tendangan si kecil menjadi pelan.

5. Mengambil risiko

Di ujung kolam renang yang dangkal, tangan Anda memegang pinggangnya (Anda berdua menghadap dinding kolam renang), pegang si kecil sehingga ia berdiri di lutut Anda. Suruh si kecil melompat dari lutut Anda dan kemudian memegang dinding kolam renang. Beberapa kali lompatan pertama, ia tidak akan benar-benar berenang, tetapi berkat dorongan dari lompatannya untuk sampai ke dinding kolam renang. Teknik ini secara perlahan membuat anak Anda berenang secara mandiri. Biarkan ia bergantung pada dinding kolam renang sejenak sehingga ia dapat mendukung berat badannya sampai Anda datang kembali dan menggendongnya untuk mencoba lagi.

Selamat mencoba.(NTDTV/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular