Siapa saja yang melihat hewan kecil yang berada dalam kondisi berbulu sedikit dan kusut, belum mampu berdaya pasti akan timbul rasa kasihan. Apalagi membiarkan kedua ekor hewan baru lahir ini berada di tempat yang membahayakan nyawa mereka.

Kail Marie suatu ketika menemukan 2 ekor hewan berbulu sedikit dan kusut tergeletak di pinggir jalan yang ia lalui. Melihat itu ia lalu membawanya pulang untuk dirawat.

Secara kebetulan, ia adalah seorang pendiri tempat penangkaran unggas bayan ‘Tallgrass’ (Tallgrass Parrot Sanctuary), miliknya di Kansas. Karena itu, ia sangat paham bahwa kedua hewan kecil ini adalah bayi burung bayan.

Karena bulu kedua hewan tersebut belum tumbuh, Kail tidak dapat memastikan dari jenis apa burung bayan itu. Tetapi ia sudah memberikan nama panggilan untuk memudahkan dalam perawatannya nanti, yaitu Scully dan Mulder.

Melalui perawatan yang teliti, Scully dan Mulder tumbuh dengan cepat, mereka sudah mulai tumbuh bulu yang cantik 6 bulan kemudian. karena itu Kail sekarang tahu bahwa mereka itu adalah burung bayan jenis Nymphicus hollandicus.

Burung bayan. (internet)

Tidak disangka-sangka, kedua bayi burung yang beberapa bulan lalu masih membuat orang geli melihatnya, sekarang sudah tumbuh dengan bulu yang indah dan berpipi merah yang menawan.

Burung bayan. (internet)

Scully dan Mulder sekarang selain sudah memiliki rumah abadi, juga memiliki banyak teman-teman jenis bayan lainnya. Mereka sudah tidak pernah akan hidup sendirian lagi.

Kail Marie yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mendirikan tempat penangkaran burung bayan juga suka membantu rawat hewan lainnya, seperti Javi. Burung bayan ini sekarat berusaha bunuh diri karena pemiliknya kurang memberikan perhatian sehingga ia stress berat, mencabut sendiri bulu-bulu di badannya.

Burung bayan. (internet)

Di bawah pengawasan dan perhatian penuh dari petugas penangkaran, Javi sekarang sudah mulai pulih kesehatannya. Baju khusus buatnya juga dikenakan agar ia tidak kedinginan.

Kail Marie yang baik hati, secara diam-diam suka membantu hewan-hewan tak berdaya, memberi mereka rumah tinggal termasuk kasih sayang, patut mendapatkan acungan jempol dari masyarakat. (erabaru.net/BOL/sinatra/rmat)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular