Saat sedang mengemudi, sang supir tiba-tiba melihat sesuatu yang ganjil. Sang supir segera memutar balik mobilnya ketika melihat sesuatu yang tidak wajar.

Dan ia pun mengabadikan pemandangan yang mengerikan itu dengan kameranya!

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

(beauties.life)
(beauties.life)

Ada longsor yang terjadinya secara tiba-tiba dengan arus yang cepat dan volume yang besar serta daya rusak yang kuat dan ciri khas lainnya. Terjadinya tanah longsor kerap akan menghancurkan jalan, rel kereta dan sarana transportasi lainnya, yang dapat mengakibatkan kerusakan parah.

Curah hujan yang tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya bencana longsor. Ketika musim kemarau panjang, tanah akan kering dan membentuk pori-pori tanah (rongga tanah) dan selanjutnya terjadi keretakan pada tanah tersebut.

Apabila hujan datang, otomatis air hujan akan masuk ke dalam rongga tanah atau pori-pori tanah yang terbuka tadi. Air hujan yang telah memenuhi rongga, menyebabkan terjadinya pergeseran tanah yang akhirnya mengakibatkan longsor dan erosi tanah.

(beauties.life)

Tanah longsor merupakan suatu fenomena geologi yang sifatnya merusak. Biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat membawa batu-batu  besar. Karena kecepatan arusnya dan kekuatannya, sehingga daya penghancurnya sangat mengerikan.

Proses terjadinya longsor biasanya hanya berlangsung beberapa jam atau paling cepat hanya beberapa menit, merupakan bencana alam yang tersebar luas di beberapa tempat tertentu dengan topografi khusus di belahann dunia.

Sebagian besar longsor disertai dengan banjir. Perbedaannya dengan banjir pada umumnya mengandung sejumlah batu lumpur dan reruntuhan materi padat lainnya, dengan volume minimal sekitar 15%, hingga maksimal sekitar 80%, karena itu jauh lebih merusak daripada banjir. (erabaru.net/joni/rmat)

 

Share
Tag: Kategori: Headline SERBA SERBI

Video Popular