Hal yang paling terkenal dari ular derik adalah suara dari ekornya, bisa bergetar 50 kali perdetik. Ular jenis ini akan mengeluarkan sinyal ketika mendapat ancaman dan ekornya bisa bergetar 50 kali perdetik.

Yakin tanpa dijelaskan pun kita tahu betul dengan serangan dan bisa-racun dari ular derik, banyak orang yang begitu mendengar kehadiran ular derik akan panik seketika dan lari ketakutan.

Ciri khas terutama dari ular derik adalah ekornya akan seketika bergetar mengeluarkan sinyal peringatan saat bertemu dengan musuhnya, dan ini juga saat terganasnya!

Ia akan melakukan serangan preventif pada manusia, jadi jika kebetulan bertemu dengan ular derik ini sebaiknya ekstra hati-hati.

Tapi pernahkah anda melihat struktur dalam dari ular derik ini ? Sebenarnya apa yang menyebabkan ekornya bersuara?

Ayah dan anak ini mencoba memperlihatkan bagian dalam dari ekor ular derik. Mereka membeli ular derik yang sudah mati di eBay dan membelah ujung ekornya untuk menunjukkan isinya.

Tetapi tak disangka, baru saja dikeluarkan seketika terdengar suara getar dari ekornya! Akhirnya ketika langsung dibelah dengan pisau cutter ternyata tidak ditemukan sesuatu apapun di dalamnya alias kosong tak berisi!

Ternyata ekor ular derik ini baru bersuara ketika bersentuhan antar ruas dengan ruas yang terbuat dari keratin (materi yang sama yang menyusun kuku dan rambut) yang saling bergesek satu sama lain di ujung ekor ular tersebut, jadi suara yang dihasilkannya itu bukan karena sesuatu di dalamnya.

Menariknya, setiap kali ruas-ruas tersebut hilang, maka akan tumbuh lagi. Dan orang mungkin akan mengira usia ular derik dari panjang ruas-ruas derik yang ada di ujung ekornya. Tetapi hal itu sama sekali tidak benar.

Sebab, ular derik bisa kehilangan ruas-ruas deriknya saat bertarung dengan binatang lain atau ketika melarikan diri dari predator. Ular derik bahkan bisa kehilangan ruas-ruas deriknya jika tersangkut di bebatuan.

Di dalam ruas ekor ular derik itu tidak ada apa-apanya. Anehnya, meski ularnya sudah mati, tetapi ekornya masih bisa mengeluarkan suara berderik ketika digoyang-goyangkan.

Berikut ini mari kita saksikan bersama apa sebenarnya yang ada di dalam ekor ular derik ini ketika dibelah. (erabaru.net/joni/rmat)

Share

Video Popular