Menurut Anda tidak ada sesuatu yang mudah yang dapat Anda lakukan? Kabar baik tersebut ada di artikel ini, dan penelitian telah membuktikan bahwa perubahan sekecil apa pun akan membuat perbedaan pada kesehatan Anda. Jadi di sini adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan yang bermanfaat untuk kesehatan.

1. Tidur lebih banyak

Saat Anda sedang tidur, tubuh melakukan perbaikan dan peremajaan sendiri. Jika Anda tidak tidur selama 7 jam sampai 8 jam setiap malam, mungkin Anda kurang tidur. Pergi tidur lebih awal, matikan semua layar dan perangkat komunikasi minimal satu jam sebelum pergi tidur, dan tidur di ruang yang gelap dan sejuk.

2. Udara terbuka

Menghabiskan waktu sejenak di tempat yang banyak pohon atau alam bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian telah membuktikan bahwa menghabiskan waktu di tempat yang banyak pohon dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan menurunkan hormon stres kortisol, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Singkatnya, berjalan di tempat yang banyak pohon adalah menenangkan dan baik untuk kesehatan Anda.

3. Akuilah stres Anda

Stres yang terjadi tiada henti dapat menjadi membunuh Anda secara diam-diam, karena stres berdampak negatif pada hampir setiap sistem tubuh—dari tidur, pencernaan sampai kekebalan tubuh. Banyak orang yang mengalami stres yang sangat luar biasa, terutama karena ia menganggap ia tidak dapat mengendalikan stresnya.

Kenyataannya adalah bahwa, dalam banyak kasus, Individu yang dapat mengendalikan stres atau mempunyai pilihan—apakah itu membuat suatu perubahan atau untuk memilih untuk melihat keadaan dari sisi pandang yang lain. Mengendalikan stres adalah salah satu hal terpenting yang dapat anda lakukan untuk diri sendiri.

4 Jalan kaki

Menurut pengobatan Tiongkok, Anda membutuhkan energi yang cukup untuk kekuatan sistem tubuh, dan energi tersebut harus mengalir/bergerak. Menggerakkan tubuh berarti menggerakkan energi, membersihkan pikiran, memperkuat jantung dan paru, melumasi sendi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menjaga kelestarian memori.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Banyak orang kewalahan dengan pekerjaannya, dan/atau melakukan sesuatu untuk orang lain tanpa istirahat, selama berbulan-bulan tanpa melakukan sesuatu yang membahagiakan dirinya. Luangkan waktu untuk memberi makan jiwa Anda. Entah itu membaca buku yang bagus, bekerja pada sebuah proyek kreatif, atau menghabiskan waktu dengan seseorang yang benar-benar Anda menikmati. Meluangkan waktu untuk diri sendiri tidak berarti bahwa Anda adalah seorang yang egois. Anggap saja sebagai pengisian baterai hidup Anda.

6. Perhatikan pencernaan

Dalam pengobatan Tiongkok, energi didapat dari makanan yang Anda makan. Jika Anda memiliki gejala seperti sakit maag, sakit perut, kembung, sembelit, atau mencret, pencernaan Anda memerlukan bantuan. Sebaiknya Anda mengunjungi seorang praktisi pengobatan Tiongkok, yang dapat memberi pengobatan akupunktur, pengobatan herbal, dan terapi diet untuk mengatur hal yang sesuai untuk hak.

7. Lebih banyak makan makanan nabati

Memilih makanan yang tepat terasa seperti mendapat tugas berat. Berikut adalah panduan sederhana: makan lebih banyak makanan nabati, dan menurut pengobatan Tiongkok, makanan nabati tersebut harus dimasak terlebih dahulu. Dibutuhkan banyak energi untuk mencerna sayuran mentah dan buah-buahan, sehingga bila Anda dapat memasak, maka masaklah sup sayuran, semur sayuran, hidangan tumis sayuran, dan compotes sayuran. Makanan nabati jauh lebih mudah dicerna dan akan beri lebih banyak energi.

8. Duduk dengan posisi tegak

Postur tubuh kita telah berubah selama beberapa dekade terakhir, di mana sebagian besar dari kita duduk membungkuk di depan komputer, ponsel, dan perangkat lainnya.Banyak orang mengalami nyeri yang semakin parah pada leher dan bahu. Dalam banyak kasus, penyebabnya adalah memendeknya otot dada di depan bahu sehingga mempengaruhi otot rotator cuff, akibat terlalu lama membungkuk. Otot rotator cuff berfungsi untuk menstabilkan dan mengerakkan bahu. Jika waktu Anda dihabiskan di depan layar komputer, maka lakukan peregangan sederhana dengan membusungkan dada dan rilekskan bahu dengan berbaring di lantai dan gerakkan kedua lengan.

9. Belajar menghilangkan keterikatan hati

Kewalahan karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya adalah sangat menegangkan. Mengakui bahwa Anda tidak akan pernah menyelesaikan semua tugas, mencari tahu tugas apa yang tidak penting yang diberikan kepada Anda dan lupakanlah.

10. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang Anda cintai

Cara ini adalah cara yang sederhana, mudah dan menyenangkan. Memelihara hubungan sosial sangat bermanfaat untuk kesehatan dan membuat panjang umur.

11. Luangkan waktu untuk hal yang menyenangkan

Dalam pengobatan tiongkok, kerja terlalu berlebihan dianggap menjadi penyebab utama penyakit. Luangkan waktu sejenak untuk hal menyenangkan dan beri catatan di bawah arsip tersebut: “Meningkatkan Kesehatanku”.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular