Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa setiap kali habis mengemudikan mobil, terdapat kerikil yang terjepit di celah ukiran kembangan ban mobil ?

Saat mengemudikan mobil, kebanyakan orang tidak akan mempedulikan kerikil-kerikil tersebut. Namun, tahukah Anda bahayanya apabila kerikil itu dibiarkan saja di dalam kembangan ban mobil ?

Seperti yang kita diketahui, ukiran kembangan pada ban mobil bertujuan supaya mobil tidak tergelincir saat turun hujan. Apabila terlalu banyak kerikil terjepit antara kembangan ban, selain menghasilkan bunyi yang kurang menyenangkan, juga menyebabkan cengkraman ban menjadi lemah pada saat turun hujan sehingga kemungkinan mobil tergelincir di jalan raya sangat tinggi.

Selain itu, kerikil yang tajam itu bisa menembusi ban menyebabkan ban bocor juga merusakkan rangkaian kawat di dalam ban sehingga ban kempes. Keadaan ini amat berbahaya kerana mobil susah dikendalikan sehingga membuat celaka.

meskipun kebanyakan kerikil  ini akan terlepas dengan sendirinya saat Anda menjalankan mobil, namun masih ada yang terjepit di celah ban justeru membahayakan nyawa pengemudi dan penumpang. Oleh sebab itu, selalu ingat untuk mengeluarkan kerikil-kerkil yang terjepit pada kembangan ban mboil demi keselamatan diri dan orang lain.

Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna.(Erabaru.my/Yant)

Share

Video Popular