Kentang dapat digunakan seperti ini, benar-benar ajaib! Selain enak, kentang juga menyehatkan. Tapi jika kentangnya bertunas, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Kentang bergizi dan nikmat, baik disajikan dengan cara digoreng, rebus atau hidangan panggang. Rasanya selalu enak dan menggoda selera.

Tetapi kentang yang telah bertunas atau berwarna hijau mengandung racun yang disebut solanin, rentan menyebabkan keracunan. Jika tanpa sengaja melihat kentang yang telah ditumbuhi tunas, jangan buru-buru dibuang, karena kegunaannya berikut dibawah ini akan membuat anda merasa sayang membuangnya.

Mengandung sejumlah besar zat pati alami, ketika menemui suhu tinggi zat pati akan menghasilkan koloid yang memiliki kemampuan menyerap dan sebagai dekontaminasi yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda yang sulit dihilangkan di rumah sekaligus mengembalikan kecerahan mereka, misalnya noda teh, noda minyak wastafel dapur atau noda karat dan sebagainya.

  1. Menjaga kesegaran dan citarasa roti.

Roti yang disimpan di kulkas mudah menjadi kering, sementara jika disimpan dalam kotak cenderung berjamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa memotong dua iris kentang dan diletakkan dibawah wadah tempat roti, lalu tutup rapat, dalam waktu pendek roti itu tidak akan berjamur atau kering, dapat mempertahankan kesegaran dan cita rasanya.

  1. Menghilangkan noda minyak di wastafel dapur

Wastafel atau tempat cuci peralatan dapur mudah terlihat kotor berminyak, untuk membersihkannya anda bisa menggunakan kulit kentang. Setelah mencuci gelas, piring atau peralatan dapur lainnya, coba anda lap wastafel dapur dengan kulit kentang, kecemerlangannya setelah itu akan membuat anda seketika terkesima.

  1. Barang-barang perak menjadi kinclong.

Masih pusing memikirkan barang-barang anda yang terbuat dari bahan perak menjadi hitam? Coba ambil beberapa potong kentang, kemudian letakkan dalam wadah berisi air soda lalu dimasak sebentar, setelah itu lap perlahan permukaan barang-barang perak anda dengan rebusan air soda. Tak lama kemudian barag-barang perak itu pun kembali kinclong seperti semula, hebat akan !

  1. Menghilangkan kerak pada ketel air panas, tidak akan meninggalkan bau tak sedap.

Teko termos atau ketel mudah meninggalkan noda setelah sekian lama digunakan, coba letakkan kulit kentang ke dalam termos dan dimasak sekitar satu jam, noda itu akan segera lenyap, selain tidak mengores wadahnya, juga tidak akan meninggalkan bau menyengat seperti cuka ketika menghilangkan noda yang membandel.

(http://beauties.life )
  1. Menghilangkan kerak pada mug termos atau mug air panas yang sulit dihilangkan.

Mug air panas atau mug termos berbentuk lonjong atau mulut botol yang sempit biasanya paling sulit dibersihkan, meskipun menggunakna sikat khusus juga sulit menyingkirkan secara tuntas kerak yang lengket di dalamnya. Saat demikian siapkan 4-5 irisan kulit kentang dan masukkan ke dalam mug, kemudian kocok naik turun sekitar 30 detik, setelah itu anda akan melihat kejadian yang menakjubkan, keraknya lenyap larut bersama air kentang.

  1. Membersihkan wastafel

Apakah wastafel yang selalu digunakan setiap hari itu meninggalkan cairan sabun atau percikan busa odol saat membersihkan muka? Selain dapat membersihkan wastafel dapur, kulit kentang juga memiliki efek yang sama menghilangkan kotoran lengket di wastafel untuk mencuci muka dan sebagainya.

(http://beauties.life )

Setelah tahu dengan manfaat dari kentang bertunas atau kentang berwara hijau yang tidak boleh dimakan, bukankah jauh lebih alami dan hemat uang daripada pembersih kimia yang dijual bebas di toko-toko?

Ternyata selain bergizi dan nikmat, kentang juga banyak khasiat ajaibnya. Daur ulang sampah dalam kehidupan sehari-hari ternyata bisa membuat hidup lebih nyaman. Jangan lupa dishare ya, supaya lebih banyak yang tahu dengan manfaat positif dari kentang beracun. (erabaru.net/joni/rmat)

Share
Tag: Kategori: Headline SERBA SERBI

Video Popular