Ethan yang berusia 13 tahun merupakan anak remaja yang memiliki sifat buruk tipikal, ia sering melakukan pencurian dengan kekerasan. Hari-hari berperilaku layaknya seorang preman, membuat keluarga pusing dengannya.

Abangnya juga pernah dijebloskan ke penjara, tetapi kini ia telah bertobat akibat  ‘mencicipi’ kehidupan yang mengerikan di dalam penjara. Agar Ethan juga bisa berubah baik seperti abangnya itu, maka keluarga mengambil keputusan mengirimnya ke penjara untuk merasakan kehidupan seharian sebagai terpidana.

Dalam usianya yang baru 13 tahun, Ethan telah memupuk banyak kelakuan buruk. dan yang paling mengkhawatirkan ialah mencuri dengan kekerasan.

Awalnya, Ethan masih bisa bersombong dalam menanggapi keputusan orangtuanya, ia mengatakan,  “Itu tidak dapat mengubah saya, saya sedikit pun  tidak takut”.

Namun, begitu ia tiba di penjara ia langsung disambut dengan bentakan dan sejumlah cemooh polisi penjara. Nyali Ethan saat itu mulai menciut, dan sosok premanisme yang selama ini terlihat pada perilakunya luntur dengan drastis.

Ethan yang sebelumnya berkoar tidak takut masuk penjara sekarang meneteskan airmata dalam serangan bahasa petugas polisi, tetapi ini baru merupakan ‘pelajaran’ pertama.

Sebulan kemudian, perilaku premanisme Ethan sudah berubah menjadi perilaku positif dan berpikiran masa depan. Perubahan tersebut membuat semua keluarga merasa sangat senang.

Bagi banyak anak-anak yang usianya mulai menginjak remaja, mereka sering tidak mau mendengarkan nasehat orangtuanya dan selalu membantah. Justru dengan cara sederhana tetapi berkonsekuensi langsung terhadap mental ini menunjukkan hasil yang lebih efektif.

Meskipun metode tersebut tampaknya ekstrem, tetapi bagi anak-anak daripada terjatuh ke dalam lumpur kenistaan. Cara ini cukup efektif. Singkatnya, Ethan, anak remaja bermasalah kini sudah berubah dan semua orang senang melihatnya.

Dengan melihat anak-anak belum dewasa itu menangis saat digertak polisi, rasanya setiap orangtua akan merasa sedih juga. Tetapi karena ini adalah cara terbaik untuk membuatnya anak berubah menjadi baik.

Langkah apapun boleh coba ditempuh. Dengan satu harapan yaitu semoga ia di kemudian hari bisa menjadi anak yang soleh berguna bagi bangsa dan negara. (erabaru.net/Sinatra/rmat)

 

Share

Video Popular