Pria tersebut adalah seorang pelatih senam yang usianya sekitar 30 tahun, berbadan sehat. Tetapi beberapa waktu lalu ia merasakan lubang hidung sebelah kirinya seperti ada sesuatu penyumbat yang membuat napasnya kurang lancar. Sering mimisan bila digaruk pakai jari meskipun darah akan berhenti mengalir tak lama kemudian.

Entah penyakit apa ini telah mengganggunya selama sekian bulan lamanya. Suatu hari ia pergi ke rumah sakit untuk minta petunjuk dokter. Melalui pemeriksaan dokter menemukan polip sebesar setengah sentimeter di dalam lubang hidung.

Polip yang memiliki bentuk seperti kembang kol itu muncul karena terinfeksi virus papiloma manusia (HPV). Setelah menjalani terapi dengan sinar aurora selama beberapa bulan, kesehatannya sudah pulih.

Virus papiloma manusia yang berbentuk seperti kembang kol itu sering dianggap sebagai penyakit karena kontak seksual, STD (Sexually transmitted infections).

Tetapi pria tersebut juga terinveksi ‘kembang kol’ sampai mengalami sulit bernapas lalu mendatangi rumah sakit untuk mencari tahu penyebabnya. Dokter percaya bahwa hidung pria itu terinfeksi HPV gara-gara ia yang sering mengupil dengan tangan yang ‘kotor’.

Dokter THT mengatakan bahwa virus papiloma manusia itu memiliki 170 jenis yang berbeda. Di antara virus itu yang paling sering dibicarakan orang adalah virus ‘kembang kol’ ini yang menyebabkan kanker rahim dan kutil kelamin.

Lubang hidung, tergorokan dan pita suara dan lainnya sering menjadi sasaran terinfeksinya virus tersebut. Jadi perlu mendapatkan perhatian yang serius dari kita. Mengupil dengan jari dan kuku yang ‘membawa’ virus, apalagi kalau ada luka di permukaan, maka akan makin rentan terinfeksi.

Fasilitas-fasilitas umum umumnya mengandung virus HPV. Pastikan Anda mencuci tangan dan kuku sebelum mengupil. Paling tidak menggunakan tisu untuk membatasi kontak langsung antara jari dengan hidung agar tidak terinfeksi penyakit itu. Mengembangkan kebiasaan mencuci tangan, menaruh perhatian terhadap kesehatan adalah cara terbaik untuk menghindari diri dari banyak penyakit. (Sinatra/rmat)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular