Warna bola mata manusia tampaknya ada yang berwarna biru dan hijau. Tetapi sebuah artikel CNN baru-baru ini mengungkapkan bahwa semua bola mata manusia berwarna coklat, yang bertentangan dengan anggapan kita selama ini.

Alasan yang masuk akal di balik pernyataan ini adalah bahwa warna bola mata ditentukan oleh pigmen yang disebut melanin, di mana melanin itu sendiri berwarna coklat, tetapi dapat muncul untuk menjadi nuansa yang berbeda tergantung pada berapa banyak kandungan melanin di dalam mata.

Seperti yang dijelaskan oleh Institut Kesehatan Nasional (NIH) Amerika Serikat pada situsnya, “Orang dengan bola mata berwarna coklat memiliki sejumlah besar melanin di iris, sementara orang dengan  mata biru memiliki lebih sedikit pigmen melanin di iris”.

Perbedaan warna adalah hasil dari seberapa banyak cahaya yang diserap daripada yang dipantulkan. Mata dengan jumlah melanin yang paling sedikit memantulkan warna biru, sedangkan mata dengan jumlah melanin yang lebih banyak memantulkan warna hijau, hazel (perpaduan coklat dan hijau) atau coklat.

NIH juga menunjukkan bahwa, “Warna  mata anak seringkali dapat diprediksi oleh warna mata kedua orang tuanya dan kerabat lainnya, namun variasi genetik kadang-kadang menghasilkan hasil yang tidak diharapkan”.(Epochtimes/Vivi/Yant)

 

Share

Video Popular