JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengingatkan merupakan hal yang memalukan jika masih terjadi kasus gizi buruk di Indonesia. Presiden juga menegaskan bahwa persoalan gizi buruk adalah masa lalu bangsa Indonesia.

“Ini sangat basic sekali, sangat fundamental sekali untuk kita selesaikan. Jangan sampai ada lagi yang namanya gizi buruk. Memalukan kalau masih ada,” kataPresiden Joko Widodo dalam sambutannya pada Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta (28/2/2017).

Presiden meminta soal gizi buruk merupakan hal yang harus diselesaikan walaupun terjadi di suatu masih menimpa 1 orang atau 1 anak apalagi lebih. Presiden juga mengingatkan bagaimana bangsa Indonesia akan bersaing dan berkompetisi dengan negara-negara lain, jika persoalan gizi buruk masih terjadi.

“Keadaan seperti ini masih ada, saya sampaikan ke Menteri Kesehatan, saya enggak bisa terima hal-hal ini ada di negara kita,” jelas Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa persoalan gizi buruk merupakan hal yang harus diselesaikan, apalagi kondisi Indonesia sudah berada pada posisi pendapatan menengah. Ole karena itu, persoalan gizi buruk diharapkan sudah menjadi masa lalu bangsa Indonesia.

Akan tetapi,  Jokowi mempertanyakan kenapa persoalan gizi buruk masih terjadi sekarang? Hal ini dikarenakan  tidak fokus pada hal-hal yang sebetulnya sudah harus ditinggalkan. Hingga demikian sudah seharusnya tak ada  anak yang sepantasnya hidup miskin dan kekurangan gizi di negara yang berpendapatan menengah.

Presiden juga menegaskan sudah semestinya tidak ada anak yang pantas meninggal dengan penyebab yang bisa cegah dan  semuanya mengerti bagaimana mencegahnya. Hal demikian, kata Jokowi, merupakan persoalan dan beban yang harus diselesaikan secepatnya apabila Indonesia ingin 2045 masuk ke 5 besar negara dengan PDB terbesar.

“Tapi kalau ini masih, lupakan mimpi itu. Apalagi dengan jumlah yang masih banyak, lupakan,” Tegas Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengingatkan permasalahan yang terjadi seperti angka kematian ibu, angka kurang gizi, penyakit saat ini seperti demam berdarah, TBC sudah semestinya  diselesaikan. Hal demikian jika ingin masuk Indonesia emas 2045. Terutama Puskesmas serta kepala dinas kesehatan, untuk mengarahkan kepada gerakan pencegahan terhadap munculnya penyakit-penyakit. (asr)

Share

Video Popular