Ketika datang musim panas suhu udara akan terasa gerah, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi musim panas adalah cara yang terbaik. Karena saat musim panas suhu akan naik, tanpa sistem kontrol udara, suhu di dalam rumah cenderung semakin tinggi. Ketika membicarakan masalah pendinginan rumah Anda, dan menghindari tagihan listrik naik, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu bersantai tanpa terasa gerah.

Bersihkan penyaring udara

Jika penyaring udara tidak dapat dibersihkan lagi, maka ganti dengan yang baru, untuk menjaga supaya udara tetap bersih, rumah lebih aman, dan menghemat energi. Dengan mengurangi hambatan aliran udara, kinerja pendinginan udara akan meningkat. Penyaring udara harus dibersihkan setiap tiga bulan, dan jika perlu diganti dengan yang baru.

Penutup tirai

Gorden atau tirai akan menghalangi sinar Matahari ke dalam rumah, untuk mencegah udara di dalam rumah memanas dengan cepat. Jendela memungkinkan sinar Matahari untuk memanaskan udara di dalam rumah. Kaca berfungsi sebagai lapisan isolasi, sehingga menghalangi sinar Matahari masuk ke dalam rumah, sehingga udara tetap dingin lebih lama.

Bersihkan unit AC

Mirip dengan sistem penyaringan udara di dalam rumah, gulma, tanaman merambat dan sampah lainnya dapat menyumbat unit AC dari luar.

Mengatur termostat lebih tinggi

Mencoba untuk mendinginkan rumah lebih cepat dengan menurunkan termostat tidak berdampak besar pada suhu, namun tagihan listrik akan membengkak. Menjaga suhu tetap konstan akan jauh lebih efektif. Anda tidak akan dapat melihat perbedaan besar antara 75 ° F dengan 78 ° F, namun akan mempengaruhi tagihan listrik.

Jangan mengubah suhu bila tidak perlu

Tutup sebagian ventilasi udara di ruangan seperti: garasi, kamar yang menghadap utara, atau kamar tamu, sehingga menghemat sedikit energi, karena mengarahkan udara dingin ke ruangan yang paling membutuhkan.

Jangan menutup semua ventilasi

Menutup ventilasi akan meningkatkan tekanan udara di dalam sistem, dan mengurangi efisiensi pendinginan. Menutup ventilasi sebagian tidaklah bermasalah, tetapi menempatkan furnitur besar besar di atas ventilasi sangat bermasalah. Bersihkan debu yang menempel pada ventilasi supaya udara mengalir lebih efisien ke dalam rumah, seperti halnya dengan AC dan sistem penyaringan udara.

Kurangi kegiatan memasak

Memasak sesuatu di dalam oven atau di atas kompor untuk waktu yang lama akan memanaskan ruangan di rumah. Untuk menghindari hal ini, maka masak makanan dengan waktu yang lebih singkat atau makan makanan segar atau mentah.

Membantu AC dengan membuka jendela

Membuka jendela di pagi hari untuk membiarkan udara sejuk masuk ke dalam rumah, dan menggunakan kipas langit-langit sepanjang hari untuk memaksa udara dingin turun, sehingga akan membantu sistem AC. Energi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan kipas angin jauh lebih sedikit dibandingkan dengan energi listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan sistem pendingin. Kipas angin juga memberi kesejukan.

Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas di luar

Selama suhu di luar masih dingin di pagi hari, Anda masih dapat berolahraga atau membersihkan pekarangan di luar rumah, tanpa harus mendinginkan tubuh yang kepanasan dengan menurunkan suhu termostat.(NTDTV/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular