Enam puluh lima persen orang Amerika Serikat melaporkan menderita gejala kelelahan mata akibat menatap perangkat digital. Hal ini tidaklah mengherankan. Hampir 60 persen dari kita menggunakan perangkat digital selama lebih dari lima jam sehari, dan 70 persen dari kita menggunakan lebih dari dua perangkat digital sekaligus.

Angka-angka yang mengejutkan ini berasal dari laporan Vision Council, Mata yang Terpapar: Dilema Perangkat Digital. Laporan ini juga menyatakan bahwa meskipun terbukti 90 persen dari kita menggunakan perangkat digital selama lebih dari dua jam sehari, sebagian besar dari kita tidak mengatakan kepada dokter mata kita bahwa kita menggunakan perangkat digital.

“Akibat menggunakan komputer di tempat kerja dan peningkatan penggunaan telepon pintar dan TV, maka kami sangat sering menerima pasien yang datang dengan sejumlah keluhan pada matanya karena menatap monitor komputernya,” kata Cary M. Silverman, M.D., pendiri EyeCare 20/20 kepada Care2.

“Tidak ada bukti bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata, baik akibat radiasi atau kelelahan mata. Sebagian besar keluhan mata disebabkan oleh faktor lain seperti tempat duduk, posisi kepala, lokasi, refleksi, pencahayaan, dan kualitas gambar layar,” kata Cary M. Silverman, M.D.

Berikut adalah beberapa tips mengenai cara memulihkan mata akibat menatap layar terlalu lama:

1. Jangan lupa berkedip! ikuti aturan 20-20-20

Mata tampaknya tahu apa yang harus dilakukannya. Namun, ketika Anda menatap layar untuk waktu yang lama, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda tidak berkedip sesering yang seharusnya, sehingga menyebabkan mata menjadi kering dan iritasi. Ikuti aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, melihat obyek yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

2. Jaga jarak pandang dan sesuaikan

Dr. Justin Bazan, penasihat medis Vision Council, menawarkan tips berikut ini:

Jangan terlalu dekat dengan layar komputer. Akibat teks pada layar terlalu kecil, tubuh kita cenderung condong ke depan layar komputer, memberikan tekanan tambahan pada leher dan punggung. Dengan memperbesar teks, maka ada jarak yang ideal antara lengan dengan layar komputer sehingga jarak pandang menjadi baik. Memakai lensa komputer sangat berguna karena memicu rentang jarak dengan layar komputer.

Jangan menunduk membaca teks pada telepon pintar. Ketika Anda menundukkan kepala ke depan untuk melihat telepon pintar, maka Anda menempatkan banyak berat badan tambahan dan tekanan pada leher –si biang keladi gejala ketegangan mata yang serius akibat perangkat digital. Bila menggunakan perangkat telepon genggam, pastikan menjaga jarak yang nyaman, dan tepat di bawah tingkat mata.

Memiringkan layar komputer untuk mendapatkan posisi layar komputer yang terbaik sehingga langsung di depan wajah dan sedikit di bawah tingkat mata, sehingga mata dalam posisi santai dan lebih sering berkedip.

3. Sesuaikan pencahayaan

Dr.Kennith Guthrie, seorang dokter mata menawarkan tips pencahayaan berikut ini:

Idealnya, hindari silau dari lampu di atas kepala atau sinar Matahari dengan meletakkan monitor di sudut ruang yang paling tidak menyilaukan mata. Jika silau tidak dapat dihindari, Anda pertimbangkan untuk membeli monitor anti-silau untuk meringankan ketegangan mata. Anda juga dapat meredupkan layar dan meningkatkan kontras supaya mata lebih nyaman menatap layar komputer.

4. Jangan memakai lensa kontak

Ahli kacamata Emmanuel Aboucaya, pendiri Oren Isaac Eyewear, menawarkan tips berikut ini untuk pemakai lensa kontak:

Jika Anda memakai lensa kontak lunak, maka lensa kontak lunak dapat menempel terlalu dekat dengan kornea, sedangkan kornea perlu “bernapas”, sehingga untuk menghindari komplikasi atau masalah medis lainnya (yang kadang dapat menyebabkan kebutaan), maka jangan memakai lensa kontak lebih dari 8 jam sampai 10 jam sehari, dan usahakan tidak memakai lensa kontak satu hari dalam seminggu.

5. Sedia obat tetes mata

Obat tetes pelumas mata dan obat tetes air mata buatan yang dijual bebas di pasaran dapat menenangkan mata yang kering dan lelah. Jika Anda sering menggunakannya, maka carilah produk yang tidak mengandung bahan pengawet. Menurut Mayo Clinic, obat tetes mata yang berkhasiat meredakan kemerahan pada mata dapat memperburuk mata yang kering. Tanyakan obat tetes mata terbaik kepada dokter mata.

6. Nyaman di ruangan AC

AC dapat mengeringkan mata, apalagi yang berhembus ke wajah. Jika Anda menatap layar sepanjang hari, juga akan menyebabkan mata kering dan iritasi. Coba batasi penggunaan AC sedapat mungkin.

7. Rawat mata dengan baik

Perubahan tajam penglihatan dapat terjadi secara bertahap sehingga Anda tidak menyadari masalah Anda. Periksa mata setiap tahun – atau setiap kali Anda pikir mengalami masalah penglihatan. Ide yang baik untuk memberitahu dokter bahwa Anda menggunakan perangkat digital sehingga Anda akan menerima kacamata korektif yang sesuai dengan kebutuhan Anda.(Epochtimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular