Di musim yang tidak menentu ini, kerap membuat kita merasa haus, mulut kering, sehingga selalu ditemani dengan krim pelembab dan semacamnya.

Tapi, nyonya Zhang, mengatakan bahwa resep perawatan kulitnya jauh lebih berkhasiat daripada produk pemeliharaan kulit yang mahal. Bukan saja sangat manjur, harganya juga murah meriah.

Kulit nyonya Zhang yang sudah berusia di atas kepala enam ini terlihat halus lembut dan cemerlang, bentuk badannya juga terawat sempurna, tidak tampak sedikitpun noda atau flek tanda penuaan di wajahnya.

Ternyata resep yang digunakan nyonya Zhang selama puluhan tahun untuk merawat kulit halus dan menjaga bentuk badannya itu adalah rebusan akar peterseli.

Sebenarnya, peterseli juga tergolong semacam obat timur (Kedokteran Tiongkok-red), minum air dari rebusan peterseli berkhasiat sebagai detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh), baik itu flu atau daging berlebih karena obesitas, coba minum air rebusan peterseli, bisa secara efektif menyingkirkan racun dalam tubuh, bahkan berkhasiat menurunkan berat badan karena kegemukan.

Air rebusan peterseli juga berkhasiat menyesuaikan kelembaban kulit jika dipakai untuk mencuci muka, beberapa gejala alergi kulit juga dapat diatasi dengan air peterseli, bagi wanita yang memiliki bintik-bintik (penuaan) atau kuning kecoklatan di area wajah, bisa diatasi dengan air rebusan peterseli untuk mencuci muka.

Akar peterseli yang direbus sangat besar manfaatnya, jadi jangan lagi dibuang begitu saja, karena air rebusannya berkhasiat menguruskan badan, untuk kecantikan, menyembuhkan flu. Cara membuatnya pun sangat sederhana, mari simak bersama ulasannya berikut ini, sebagai persiapan jika diperlukan.

  1. Peterseli dicuci bersih, terutama tanah-tanah yang menempel di bagian akarnya.
  1. Setelah itu potong, sisakan bagian akar, kemudian dijemur keringkan di balkon.
  2. Jika kebetulan ingin menurunkan berat badan, menghilangkan bintik-bintik di wajah, jerawat, pilek pada anak-anak atau wanita hamil, anda bisa siapkan sekitar 10 batang akar peterseli, kemudian didihkan dengan air dingin. Cukup didihkan sekitar 20 menit dengan api kecil.
  1. Setelah itu tuang ke mangkuk.

Cara minum: diminum selagi panas/hangat, setelah itu anda akan merasa nyaman di sekujur tubuh. Minum 2 kali sehari, flu yang membandel dapat diredakan tiga hari kemudian.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, coba minum selama 3 hari berturut-turut bisa turun 5 kg. Khasiatnya akan lebih terasa jika akarnya dimakan sekalian, tapi harus dimasak matang dulu. Air rebusan peterseli ini cukup enak, anak-anak juga akan menyukainya.

Selain peterseli, akar dari sayuran lain seperti akar kubis, akar ketumbar, atau akar horinso (bayam Jepang) dan akar sayuran lainnya bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan bentuk tubuh, atau bisa juga dibuat menjadi masker wajah alami. Caranya diolah menjadi semacam jus, kemudian tambahkan tepung, madu, putih telur. Cara ini memiliki efek tertentu dalam memutihkan atau menghaluskan kulit. Semoga bermanfaat! (erabaru.net/joni/rmat)

Share

Video Popular