Masalah pengungsi Suriah mendapatkan perhatian internasional setelah mereka kehilangan rumah mereka. Mereka hampir tidak memiliki kekayaan tersisa akibat perang terus berkecamuk.

Tetapi situasi demikian tidak mengurangi jiwa pengorbanan mereka. Baru-baru ini, seorang anak laki-laki berusia 8 tahun menemukan di tepi jalan seekor anjing liar yang terluka, lalu melakukan pertolongan.

Anak Suriah yang bernama Huseyin el-Hasan ini sudah tidak memiliki rumah, ia sekarang ini tinggal sementara di rumah keluarga Turki. Saat ia bermain di sekitar rumah, ia melihat seekor anjing tertabrak mobil, tetapi tidak memilih acuh terhadap kondisi anjing itu yang badannya terus bergemetar mungkin karena sakit sekali.

Ia memilih pulang mengambil kain untuk menyelimuti anjing, menamai sampai personil pertolongan datang membawanya berobat.

Huseyin kecil tentu saja tidak berdaya dalam mengurangi rasa sakit anjing gelandangan ini, tetapi ia berusaha untuk menenangkan anjing itu, berharap jiwanya bisa tertolong.

Sampai personil pertolongan datang di lokasi dan membawa anjing tersebut pergi berobat, Heseyin baru rela pulang rumah. Sayangnya, menurut laporan media bahwa jiwa anjing tersebut tak tertolong, ia mati tak lama setelah tiba di rumah sakit hewan.

Ketika Huseyin mendengar bahwa anjing itu mati, ia terasa sangat terpukul, merasa bersalah karena tidak secepatnya memberikan pertolongan. Tetapi jiwa pengorbanan dan hati yang penuh kasih mendapat perhatian banyak orang, sampai-sampai wakil walikota pun ingin bertemu dengan Huseyin dan memberinya sebuah hadiah selimut baru yang sekaligus untuk menggantikan selimutnya yang dipakai untuk menolong anjing.

Wakil walikota mengatakan, “Meskipun perilaku Huseyin menolong anjing terluka itu tidak berarti apa-apa bagi orang-orang tertentu, namun, ia telah menunjukkan sisi terbaik dari sifat manusia”.

Meskipun ia sekarang juga sedang terjebak dalam penderitaan, tetapi Huseyin masih bersedia mengulurkan tangan, melakukan hal yang terpuji, luar biasa !

Huseyin telah menunjukkan sifat empati dan kepedulian melalui kasus penemuan seekor anjing yang tertabrak. Memang ia tidak berhasil berbuat lebih banyak buat anjing itu, tetapi ia sudah mengerahkan kemampuannya.

Ia memperlihatkan kepada kita bahwa cahaya kemulian masih terus bersinar walau kondisi sulit. Mudah-mudahan semakin banyak orang semacam ini di masyarakat. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular