Kaum wanita yang suka tampil modis gemar mencat rambutnya, bahkan sering mengubah0ubah warna cat rambut untuk menarik perhatian orang lain. Sekarang, sebuah perusahaan Inggris telah meluncurkan pewarna rambut yang untuk kali pertama di dunia yaitu setiap saat dapat berubah warna, produk ini mungkin dapat memenuhi kebutuhan kaum wanita tersebut.

Produk pewarna rambut yang dikembangkan oleh perusahaan “The Unseen” dikenal sebagai “Fire” (Api), yang dapat berubah warna. Ia akan berubah warna sesuai dengan perubahan suhu lingkungan, terdapat beraneka macam warna mulai dari merah sampai hitam.

Dengan demikian, ketika pengguna berada di kantor yang berudara sejuk, rambutnya mungkin akan berubah menjadi kehitaman, tetapi di jam istirahat jika dia ke kantin yang bersuhu hangat, maka rambutnya mungkin akan berubah menjadi merah cerah.

Tentu saja, jika rambut disinari cahaya lampu dan temperaturnya meningkat, maka segera akan membuat warnanya berubah lagi.

Pewarna rambut semacam ini bersifat semi permanen, tidak akan luntur setelah dicuci berkali-kali.

Adapun mengapa pewarna rambut ini dapat berubah warna? Lauren Bowker si pemilik perusahaan menyatakan, ia menggunakan minyak tinta warna yang peka terhadap suhu (thermochromic ink). Ketika rambut yang sudah disemir, berada di lingkungan dengan perubahan suhu, maka molekul berbasis karbon (carbon- based molecule) dalam pewarna rambut akan bereaksi reversibel.

Ketika terjadi perubahan pada suhu tertentu, jenis molekul tertentu menjadi stabil dibandingkan dengan molekul lain, hal ini dapat menyebabkan reaksi yang berbeda dari molekul penyerap cahaya, sehingga menghasilkan warna yang berbeda.

Perusahaan “The Unseen” saat ini masih sedang mencari mitra untuk membantu produk inovatif tersebut menuju komersialisasi. Perusahaan itu berharap sebelum akhir tahun ini berhasil dalam peluncuran produk ke pasar.

Oleh karena komposisi kimia dari pewarna rambut ini mungkin dapat mempengaruhi kesehatan, jadi konsumen perlu memperhatikannya secara khusus. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular