Program TV yang menyajikan penilaian barang-barang antik banyak disukai pemirsa.

Kadang-kadang kita bisa melihat sebuah barang bagus yang harganya ‘hancur’ di depan pejabat penilai karena bukan termasuk barang antik.

Tetapi ada kalanya barang yang tampaknya biasa-biasa saja ternyata memiliki harga yang tidak disangka-sangka tingginya.

Pada 2001, seorang kakek warga Arizona, AS membawa sehelai ‘kain selimut’ tua dari rumahnya, datang ke studio TV untuk ikut mengisi acara tersebut. Di luar dugaan ‘kain selimut’nya itu berharga mahal.

Kakek yang bernama Ted ini datang ke acara dengan membawa sehelai ‘kain selimut’ dari rumah, dan kepada ahli ia menjelaskan bahwa kain tersebut sudah cukup lama diletakkan  di belakang kursi rumah bekas neneknya.

Konon, kain itu adalah milik nenek yang merupakan pemberian dari ayah angkat beliau yang seorang mantan pejabat militer AS terkenal bernama Kit Carson. Kain itu ia bawa ke acara sekedar untuk mengetahui berapa harga barang antik tersebut.

Ahli memberitahu Ted bahwa kain ini sebenarnya bukan ‘selimut’, tetapi barang tenun yang dibuat oleh penduduk asli AS, suku Navajo.

Kain jenis wol yang masih ditenun dengan motif garis-garis sederhana ini hanya dibuat khusus untuk dipakai oleh kepala suku Navajo.  antara tahun 1840 – 1860.

Ahli juga mengatakan bahwa kain tersebut sekarang sudah memiliki nilai setara dengan barang yang tergolong harta nasional. Berharga di antara USD.350.000 – 500.000.

Apalagi kalau bisa membuktikan bahwa barang tersebut milik Kit Carson, harga jualnya masih bisa naik lagi sekitar 20 %. Mendengar berita mengejut ini, ted sampai meneteskan air mata,

“Saya sangat terkejut mendengarnya, benar-benar tak menyangka”, katanya.

Ted mengatakan bahwa neneknya itu hanyalah seorang pekerja sawah yang rajin, ia bukan orang kaya, tetapi siapa sangka sebuah harta hanya diletakan begitu saja di belakang kursi di rumahnya.

USD. 500.000 pada saat itu (tahun 2001) tentu bukan angka kecil, dan pasti belum pernah terbayangkan sebelumnya oleh Ted. (Sinatra/rp)

Share

Video Popular