Seiring dengan berlalunya waktu, kita sering mengubah pikiran kita untuk resolusi dan tujuan pribadi, di mana biasanya kita berjanji pada diri sendiri untuk memberikan sesuatu yang berarti. Apakah itu berhenti merokok, berhenti makan makanan tertentu, seperti cookies dan es krim, atau mulai bangun pagi, resolusi semacam itu sering memiliki konotasi negatif, meskipun berkaitan dengan hasil positif.

Daripada memusatkan perhatian untuk menghilangkan hal tertentu dari kehidupan kita, bukankan lebih baik jika kita membuat daftar berisikan hal-hal di mana kita tidak boleh menyerah?

Inilah yang harus Anda tetap lakukan dalam hidup Anda.

Cokelat. Cokelat kadang disebut sebagai kesenangan yang mengakibatkan rasa bersalah, tetapi tidak ada salahnya menikmati dark cokelat secara teratur. Pilih cokelat hitam tanpa pemanis atau sedikit manis yang memiliki kandungan kakao minimal 70 persen, karena semakin tinggi kandungan kakao, maka semakin rendah kandungan gula. Belilah cokelat organik, bukan yang hasil rekayasa genetik dan tidak mengandung pestisida atau mengandung kadar pestisida yang rendah.

Cokelat hitam sangat banyak mengandung antioksidan dan telah dikaitkan dengan manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penurunan kognitif, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta manfaat kesehatan lainnya.

Telur. Kontroversi seputar kolesterol yang terkandung di dalam telur dan hubungannya dengan penyakit kardiovaskular telah berlangsung selama beberapa puluh tahun. Kenyataannya kita memang memerlukan kolesterol untuk mencerna lemak, untuk melindungi sel saraf, dan untuk memproduksi vitamin D dan hormon penting. Penelitian juga menunjukkan kolesterol yang terkandung di dalam telur bukan merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular bagi semua orang.

Dalam penelitian meta-analisis, yang diterbitkan dalam Jurnal British Medical, peneliti menemukan bahwa makan satu butir telur sehari tidak berkaitan dengan peningkatan risiko menderita serangan jantung atau stroke, meskipun penderita diabetes tampaknya berisiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung jika makan satu butir telur setiap hari.

Pilih telur yang berasal dari ayam yang dibiarkan berkeliaran bebas mencari makan di alam serta diberi makanan organik.

Lemak (jenis sehat). Begitu banyak tulisan yang memuat lemak yang sehat dibandingkan dengan lemak yang tidak sehat, namun masih ada yang menganggap semua lemak adalah lemak yang tidak sehat sehingga menimbulkan kekhawatiran dan tidak mau makan lemak sama sekali. Namun lemak yang sehat, yang meliputi asam lemak tak jenuh tunggal, trigliserida rantai-sedang, dan, pada tingkat lebih rendah, asam lemak tak jenuh ganda, yang berbeda dari lemak yang tidak sehat, yang meliputi lemak trans (paling sering ditemukan dalam minyak terhidrogenasi).

Minyak tak jenuh ganda, seperti safflower, kenari, dan bunga matahari, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, tetapi harus digunakan dalam jumlah sedang karena mengandung kadar asam lemak omega-6 yang tinggi, di mana sudah cukup kandungan di dalam tubuh sebagian besar orang.

Jenis lemak favorit saya (dan menurut saya, adalah lemak yang paling sehat) adalah minyak kelapa, yang kaya trigliserida rantai-sedang, dan minyak zaitun extra-virgin dan minyak alpukat, yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal.

Asam lemak esensial (sejenis asam lemak tak jenuh ganda), omega-3 sangat terkenal karena bersifat melindungi jantung dan anti-peradangan. Omega-3 yang ditemukan dalam ikan laut dingin, kenari, dan biji rami.

Kentang. Kentang terus-menerus mendapatkan citra buruk, terutama di kalangan orang yang berusaha menurunkan berat badan. Namun bukanlah langkah yang sehat untuk tidak makan kentang-putih, ungu, atau manis. Sebuah kentang kecil yang dipanggang (dengan kulit) menyediakan tiga gram protein, nol gram lemak, dan lebih dari 20 persen dari vitamin C, vitamin B6, dan kalium yang Anda butuhkan setiap hari. Sebuah kentang kecil yang manis beserta kulitnya memberikan lebih dari 230 persen vitamin A dan 20 persen vitamin C.

Jika Anda membiarkan sebuah kentang yang dikukus menjadi dingin, menghasilkan kadar pati resisten yang tinggi, yang membantu tubuh membakar lebih dari 25 persen lemak. Pati resisten adalah pati yang tidak dapat dicerna di dalam usus manusia. Dalam sebuah penelitian mengenai orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan, menunjukkan bahwa makan 5-7 porsi kentang setiap minggu menyebabkan penurunan berat badan yang sedang, bukannya menaikkan berat badan.

Rahasia untuk menikmati kentang adalah jangan menambahkan krim asam, mentega, dan menggorengnya, namun gunakan bumbu dan rempah-rempah, salsa (saus Spanyol), bawang putih, atau minyak zaitun extra-virgin. Anda juga dapat makan kentang kukus yang dilumatkan dengan kembang kol yang akan menurunkan berat badan secara nyata.

Garam. Garam meja beryodium adalah produk tanpa zat gizi yang telah terkena racun, polusi, dan bahan kimia lainnya. Garam meja beryodium biasanya terdiri dari sekitar 97%-98% natrium klorida dan 2%-3% bahan lain, yang mencakup yodium, bahan penyerap kelembaban, dan bahkan gula.

Pilihan garam yang sehat adalah garam Himalaya, yang mengandung 84 unsur alam dan mineral yang ada di dalam tubuh manusia dan mengandung beberapa kotoran, karena berada di Bumi selama lebih dari 250 juta tahun dan dibentuk di lingkungan yang bebas dari pencemaran.

Garam Himalaya memiliki struktur unik yang mengandung energi dan sedikit mineral yang cukup diserap dengan mudah oleh tubuh. Beberapa manfaat kesehatan garam Himalaya yang alami mencakup kadar gula yang normal, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengatur kadar air di dalam tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, dan mengurangi insiden masalah sinus.

Lemak Jenuh. Selama bertahun-tahun, kami diberitahu bahwa makan lemak jenuh adalah tidak sehat dan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit pembuluh darah jantung. Seperti yang telah kita pelajari tentang lemak jenuh, ada lemak yang baik dan ada lemak yang kurang baik untuk kita. Yang termasuk dalam lemak yang baik adalah asam lemak rantai sedang (seperti asam kaprat, asam kaprilat, dan asam laurat), yang meningkatkan energi, meningkatkan komposisi tubuh, dan dapat meningkatkan kognisi dan sensitivitas insulin, yang terdapat di dalam minyak kelapa, minyak sawit, dan mentega.

Asam lemak rantai pendek (seperti asam butirat dan asam kaproat), bersifat anti-peradangan dan bermanfaat untuk kesehatan usus, dan ditemukan dalam produk susu yang berasal dari hewan yang makan rumput (bukan ternak dari industri ternak).

Lemak jenuh yang harus kita hindari adalah asam lemak rantai panjang (seperti asam miristat, asam palmitat, dan asam stearat), yang ditemukan dalam makanan olahan dan daging hasil industri ternak dan produk susu. Lemak jenuh berhubungan dengan penyakit pembuluh darah jantung dan sindrom metabolik.

Makan makanan yang kaya asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai menengah dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kadar asam lemak jenuh di dalam makanan. Lemak jenuh diperlukan untuk meningkatkan fungsi otak, menyerap kalsium ke dalam tulang, melindungi hati dan paru, dan membantu sinyal saraf.(Epochtimes/Andre Donsky/Vivi)

Andrea Donsky adalah seorang penulis dan seorang ahli gizi holistik.

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular