Mengupil adalah kebiasaan buruk yang tidak ingin dilihat oleh orang lain. Semua orang setuju bahwa alasan pertama untuk tidak mengupil di depan umum adalah menjijikan. Alasan kedua adalah tidak higienis dan dapat menyebabkan bahaya.

1. Mengupil adalah berbahaya bagi kesehatan. Jika ada virus, jamur, atau bakteri di jari tangan, maka patogen tersebut akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh saat Anda mengupil.

2. Dapat menyebabkan jerawat di folikel rambut hidung (folikulitis).

3. Jika jerawat kecil di dalam hidung berkembang menjadi jerawat nanah di dalam hidung, maka infeksi yang terjadi dapat menjalar ke otak melalui aliran darah.

4. Akan merobek kulit rapuh di dalam hidung, sehingga menyebabkan pendarahan hidung. Seseorang yang berulang kali mengalami pendarahan hidung tahu bahwa diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menyembuhkan kulit yang mengalami perdarahan tersebut.

5. Jika Anda mengupil saat menderita pilek yang menyebabkan sinus tersumbat, maka Anda berisiko menderita sinusitis (radang sinus), karena pada saat Anda mengupil, mempermudah jutaan bakteri di bawah kuku jari masuk ke dalam hidung. Jutaan bakteri tersebut dari hidung akan menjalar ke rongga sinus. Jika tidak dikuras dengan benar, maka bakteri akan berkembang biak—menyebabkan infeksi sinus.

6. Jika Anda mengupil secara teratur, hidung menjadi pusat tempat kuman berkembang biak. Jika Anda tidak mencuci tangan, maka Anda menularkan kuman tersebut kepada orang lain.

7. Jika orang lain menangkap basah Anda sedang mengupil, maka orang tersebut akan merasa malu, tidak nyaman, dan sedikit mual.

Jika Anda merasa hidung tersumbat dan menyimpan kotoran berkerak di dalamnya atau di sekitar lubang hidung, maka gunakan kertas tisu-sebagai pengganti jari tangan Anda.

Jika hidung tetap tersumbat oleh kotoran berkerak atau yang encer, mungkin ada penyebab masalah kesehatan lain di baliknya-seperti alergi, maka kunjungi dokter.

Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 75% orang mengupil! Yang sungguh mengejutkan adalah beberapa orang dewasa melakukannya di depan umum. Menjijikan bukan.( Visiontimes.com/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: Headline KESEHATAN

Video Popular