Tahukah Anda bahwa sekitar 60 persen berat badan Anda terdiri dari air? Tubuh menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan untuk mengatur suhu dan mempertahankan fungsi tubuh lainnya. Karena tubuh kehilangan air melalui pernapasan, keringat, dan pencernaan, maka penting untuk minum air dan makan makanan yang mengandung air supaya tubuh tidak kekurangan air.

Jumlah air yang dibutuhkan tubuh tergantung pada berbagai faktor, seperti iklim di mana Anda tinggal, kerja fisik, dan apakah menderita penyakit atau tidak.

Minum air sebelum dan sesudah tidur

Minum segelas air sebelum tidur dapat mencairkan kekentalan darah dan mengurangi risiko angina (nyeri dada akibat kurangnya aliran darah ke jantung) dan gagal jantung, yang cenderung terjadi di pagi hari. Minum segelas air di pagi hari bermanfaat untuk membuang limbah melalui keringat dan urin, sehingga mengurangi risiko menderita batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Air bermanfaat di saat menderita flu

Ketika Anda menderita flu, maka Anda akan lebih sering berkeringat dan buang air kecil karena laju metabolisme meningkat. Air dalam tubuh akan hilang lebih cepat dari biasanya sehingga Anda perlu minum lebih banyak untuk menebus kekurangan tersebut. Air juga dapat mengurangi suhu tubuh dan membantu membuang bakteri yang berbahaya. Menghirup uap air mendidih yang ada di panci akan melegakan hidung yang tersumbat. Air garam juga dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Minum air dan makan bubur beras bila sakit perut

Minumlah segelas kecil air dan makanlah semangkuk kecil bubur beras bila sakit perut. Suhu bubur minimum adalah 140 ° F (60 ° C), sehingga menghasilkan gelatinisasi untuk menenangkan perut dan membuat pencernaan lebih mudah. Bubur beras juga bermanfaat untuk melumasi perut dan mengeluarkan racun.

Air mencegah sembelit

Air mencegah sembelit dengan melarutkan lemak dan serat yang dapat larut, sehingga mengurangi beban ginjal dan hati dengan cara membuang produk limbah. Dalam usus besar, air mengikat serat untuk meningkatkan massa tinja, mengurangi waktu transit tinja di dalam usus besar, dan mempermudah pengeluaran tinja. Bila Anda tidak minum cukup air, maka lapisan usus akan menarik air dari tinja, sehingga meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

Air mengeluarkan zat berbahaya

Mual adalah cara tubuh melindungi dirinya saat menelan makanan yang buruk. Muntah adalah menguntungkan karena merupakan cara tubuh untuk membuang zat berbahaya di dalam lambung dan usus. Jika sulit muntah, maka minumlah segelas air asin untuk merangsang muntah dan minumlah cukup air setelah muntah.

Air membantu mengurangi berat badan

Memperbanyak minum air akan menurunkan berat. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang minum air sebelum makan, maka ia akan mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak minum air sebelum makan, karena air tersebut menyebabkan sedikit rasa kenyang sehingga orang tersebut akan makan lebih sedikit, serta meningkatkan metabolisme.

Air membantu mendapatkan istirahat malam yang baik

Suhu tubuh berperan besar dalam mendapatkan istirahat malam yang baik. Mandi air panas menjelang tidur akan meningkatkan suhu tubuh satu derajat sampai dua derajat. Penurunan suhu yang tajam pada waktu tidur cenderung membuat tidur lebih nyenyak.( Visiontimes.com/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular