Menurut Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT) , kepala adalah salah satu daerah tempat semua penyakit berasal. Kepala adalah titik temu seluruh energi, dan juga dikenal sebagai titik di mana semua meridian tubuh berhubungan secara langsung atau tidak langsung. Jadi terapi menyisir rambut adalah baik untuk tubuh maupun rambut!

Lokasi titik akupunktur

PTT menganggap kepala sebagai tempat saluran energi saling berpotongan dan terhubung dengan energi seluruh tubuh, dan sebagai tempat di mana banyak titik akupuntur berada. Rangsangan yang tepat pada titik akupunktur ini saat menyisir rambut dapat meningkatkan fungsi otak dan seluruh tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Pilihlah sisir kayu atau sikat yang kaku, sisir rambut dari dahi melalui puncak kepala ke bagian belakang otak. (Gambar: pixabay / cc0 1.0 )

Menyisir rambut bermanfaat memberi energi kepada tubuh dan membantu pikiran menjadi rileks. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda dianjurkan menyisir rambut menjelang tidur.

Pilih sisir kayu atau sikat yang kaku, dan sisirlah rambut dari dahi melalui puncak kepala ke bagian belakang otak dengan lembut dan secara bertahap semakin kuat tekanannya. Ulangi selama 10-15 menit sampai kulit kepala terasa hangat.

Memelihara rambut

Sebagian besar pembuluh darah yang menyuplai darah segar dan zat gizi untuk kulit kepala berada di bagian belakang kepala. Menyisir bagian belakang kepala akan merangsang kapiler, meningkatkan peredaran darah di kulit kepala, dan mengangkut oksigen dan nutrisi ke batang rambut.

Menyisir juga membantu distribusi minyak yang tepat pada kulit kepala, sehingga rambut mendapat nutrisi alami yang diperlukan untuk tumbuh. Minyak ini menambah kilau rambut sehingga bersinar indah dan merupakan mekanisme alami tubuh untuk melawan infeksi.

Waktu

 

Selain menyisir rambut di pagi dan sore hari, Anda dapat menjadikannya bagian dari rutinitas harian Anda. (Gambar: pixabay / cc0 1.0 )

Selain menyisir rambut di pagi dan sore hari, Anda dapat menjadikannya sebagai bagian rutinitas sehari-hari saat berisitirahat. Gerak dan sensasi yang berirama pada kulit kepala akan menenangkan Anda sehingga nyeri kepala akan berkurang.

Yang perlu diingat

Ketika menyisir rambut, tubuh jangan kaku. Gerakkan tubuh ke depan dan belakang, sehingga dengan lembut sisir menyentuh kulit kepala. Ketika menyisir rambut berminyak, gunakan kekuatan yang merata, tetapi jangan terlalu kuat karena akan merangsang produksi minyak secara berlebihan. Anda harus membersihkan sisir beberapa hari sekali.(Visiontimes.com/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular