JAKARTA – Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono tak menyangka bahwa Gubernur Non-Aktif Basuki Tjahaja Purnama akan memberikan 9 poin-poin yang nantinya diembankan kepada Soni Sumarsono untuk melaksanakan roda pemerintah provinsi DKI Jakarta hingga 15 April 2017 mendatang.

“Apa yang dilakukan oleh pak Ahok tadi melebihi apa yang dibayangkan, saya pikir ada tiga atau dua poin ternyata ada sembilan,” kata Sumarsono dalam jumpa pers usai penyerahan nota tugas Plt Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/3/2017) malam.

Menurut Soni, hal paling pokok adalah amanah dan seorang staf birokrasi tak bisa memilih apa yang diberikan oleh seorang pimpinan serta harus dilaksanakan dengan sebaiknya. Oleh karena itu, selama melaksanakan tugas roda pemerintahan diharapkan  memuasakan semua pihak.

Atas poin-poin yang disampaikan oleh Ahok, Soni menilai dirinya mesti bekerja sekitar 19 jam seperti yang dilakukan dirinya saat menjabat Plt Gubernur DKI Jakarta sebelumnya. Tugas amanah yang diembannya cukup banyak termasuk keliling untuk memfasilitasi Musrembang pada tingkat Kabupaten dan Kota administratif.

Lebih rinci Soni menegaskan bahwa posisinya sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta adalah ingin melanjutkan kebijakan dan program-progam yang telah dilaksanakan oleh Basuki Tjahaja Purnama selama satu setengah bulan mendatang.

Menurut Soni, poin-poin yang disampaikan mulai dari monitoring dan persiapan untuk Mesjid Raya DKI Jakarta di Daan Mogot, Jakarta Barat,  mengkonsolidasikan anak-anak muda dengan mendirikan tempat-tempat pembinaan generasi muda kreatif dan sejumlah agenda-agenda Pemprov DKI Jakarta lainnya.  Program yang dicangkan, kata Soni, termasuk mendorong pembangunan Lapangan Banteng sebagai satu tempat untuk bermain anak muda yang lebih canggih.

“Jadi sembilan poin yang saya pegang, nanti akan saya laksanakan sebaik-baiknya, amanah ini bisa dilakukan yang jelas dari program pak Ahok, “ ujar Soni.

Soni optimis bahwa Ahok sudah mengerti dan mampu mengukur kapasitas dirinya dalam bekerja sehingga diberikan sebanyak 9 poin. Walaupun terdapat 9 poin namun tak masalah dikarenakan sebagai petahana yang memberikan catatan tugas untuk dilaksanakan.

“Saya pedomani Insya Allah pada 15 April nanti jam yang sama, saya akan berikan pelaksanaan bahwa 9 item ini dapat dilaksanakan dengan baik, selama proses saya akan konsultasi dengan Basuki Tjahaja Purnama,” kata Soni. (asr)

Share

Video Popular