Tahun lalu, ditemukan sebuah berlian jumbo di Angola berukuran 404 karat dan panjang 7 cm.

Berlian jumbo ini diperkirakan sekitar US$20 juta atau sekitar Rp. 271 miliar, benar-benar fantastis!

Tapi, berlian jumbo ini hanya masuk dalam peringkat ke 27 terbesar sedunia!

Lantas berapa ukuran berlian terbesar di dunia?

Terlalu fantastis kalau disebutkan, yakni berlian Cullinan yang berukuran 3106 karat, hampir tujuh kali besarnya dari berlian jumbo ini!

Berlian raksasa itu ditemukan di pertambangan Premier (juga dikenal sebagai tambang Perdana Menteri, tambang Transvaal), Azania, Afrika Selatan pada 1905.

Voluem dari berlian beukuran raksasa itu sekitar 5 × 6,5 × 10 cm, setara dengan kepalan laki-laki dewasa.

Berlian yang murni dan transparan, dengan corak warna biru muda, adalah batu mulia dengan kelas terbaik.

Belakangan, berlian Cullinan dipotong menjadi 9 berlian besar dan 96 berlian kecil.

Yang anda lihat di atas adalah produk imitasi dari berlian Cullinan, ukuran dan bentuknya kurang lebih seperti itu. Karena ukurannya yang besar dan menyilaukan, sehingga berlian Cullinan itu tidak mampu dibeli oleh siapapun ketika itu.

Sampai tahun 1907, pemerintah daerah Transvaal, Afrika Selatan membelinya dengan harga 150,000 poundsterling, dan dijadikan sebagai hadiah ulang tahun kepada Raja Edward III.

Keluarga kerajaan Inggris mempercayakan kemuliaan kepada perusahaan berlian yang paling otoritatif ketika itu, yakni  perusahaan Joseph Isaac Asscher yang berasal dari Amsterdam, Belanda untuk proses pengolahan berlian.

Batu mulia yang tampak didepan mata para pengrajin Belanda itu merupakan sebuah tantangan besar.

Bagaimana memotong dan membagi batu mulia asli yang besar itu menjadi potongan kecil, karena meski kelalaian yang tak berarti sedikitpun juga akan membuat batu mulia dengan harga yang tak ternilai itu dalam sekejab mata akan menjadi setumpuk puing-puing yang tak berharga lagi.

Karena batu mulia aslinya terlalu besar, tidak bisa langsung dihancurkan, sang ahli berlian Isaac Asscher menggunakan metode “membelah dan menggergaji”.

Setelah delapan bulan pengerjaan, akhirnya secara total berhasil dibagi menjadi 9 berlian besar dan 96 berlian kecil serta 9 batu mentah yang belum diolah, produk jadi yang telah diolah itu berukuran 1055.8 karat.

Kemudian batu mulia yang telah dipotong itu dinamakan Berlian Cullinan Ⅰ, Ⅱ, Ⅲ, …… Ⅸ dengan berat masing-masing 530.20 karat, 317.40  karat, 94.40 karat …… 4.34 karat.

Cullinan I juga sering disebut dengan berlian “Great Star of Africa”, dipakai sebagai kepala tongkat Raja Inggris, sebagai simbol pemegang kekuasan Kerajaan Inggris.

Cullinan II dijadikan permata di Mahkota Raja Inggris, Cullinan III disematkan dalam bentuk perhiasan di mahkota permaisuri Ratu Mary, dan sisanya dibuat perhiasan yang terdiri dari bros, kalung, anting-anting, termasuk perhiasan yang disimpan dan dipakai oleh semua anggota keluarga kerajaan Inggris seperti yang dikenakan Ratu Elizabeth II.

Sebanyak  9 berlian dari potongan Berlian jumbo Cullinan semuanya dimiliki oleh keluarga kerajaan Inggris.

Beberapa ahli mengatakan, bahwa nilai berlian Cullinan itu tidak dapat diperkirakan, karena sejauh ini tidak ada satupun berlian yang dapat dibandingkan dengannya dari sisi ukuran, kemurnian dan warna.

Jika dihitung menurut harga pasar saat ini, jika harga per karat dari sebuah berlian seberat 250 karat dijual 500,000 poundsterling, maka harga gabungan dari Cullinan III dan bros IV hampir sekitar 78 juta poundsterling atau sekitar Rp. 1.2 triliun.

Jadi, harga berlian secara keseluruhan setidaknya mencapai puluhan triliun rupiah.

Tapi yang paling menakjubkan adalah bahwa ukuran sebenarnya dari berlian Cullinan jauh lebih dari itu.

14 tahun setelah itu atau tepatnya pada tahun 1919, kembali ditemukan sebuah potongan batu mulia seberat 1500 karat di tambang yang sama, tidak jauh dari temuan berlian Cullinan sebelumnya, dan dari beratnya itu bisa dikategorikan sebagai berlian terbesar kedua di dunia.

Orang-orang mempelajari karakteristik dari batu berlian itu, ditilik dari karakteristik kristal, retakan dan bentuknya dipastikan berlian itu merupakan potongan kristal yang sama dengan berlian Cullinan yang ditemukan pada 1905. Hanya saja ditemukan dalam waktu yang tidak sama setelah retak, sehingga belum memberikan nama pada batu kristal itu.

Artinya, jika Cullinan retak, maka berat totalnya mungkin lebih dari 4600 karat! (Jhony/rp)

Share

Video Popular