Cara Paling Efektif untuk Berhenti Merokok

134
berhenti merokok
Ilustrasi.

Walaupun ada banyak cara untuk berhenti merokok, namun tidak semua memberi keberhasilan. Perlu diingat bahwa tingkat keberhasilan tidak sama untuk semua orang, di mana tergantung pada keputusan pribadi, tekad yang dimiliki dan berbagai faktor yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun jika Anda ingin mempunyai peluang sukses terbaik, maka Anda harus mencoba metode ini.

Pengganti nikotin

Banyak orang berhasil berhenti merokok ketika mereka menggunakan beberapa jenis terapi nikotin, yang meliputi memakai koyo nikotin, pelega tenggorokan nikotin, atau bentuk terapi nikotin lainnya.

Apa pun yang dilakukan bertujuan mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh secara bertahap setiap hari sampai akhirnya tidak menggunakan nikotin sama sekali, sehingga si pencandu rokok tidak merasa menderita dan tidak berkeinginan merokok kembali. Si pencandu rokok masih merasakan efek nikotin pada tubuhnya, namun tidak menderita efek negatif dari merokok. Ini bukanlah cara paling aman untuk berhenti merokok, tetapi cara kerja terbaik untuk sebagian besar orang.

Menghindari pemicu mendambakan rokok

Ada pemicu tertentu yang menyebabkan si pencandu rokok sangat mendambakan rokok, di mana untuk sebagian orang, pemicunya adalah situasi stres, untuk sebagian orang lainnya, pemicunya adalah peraturan waktu dan tempat di mana diizinkan merokok, saat istirahat dari pekerjaan atau berbicara di telepon.

Ketika si pecandu rokok berhenti merokok, maka pemicu ini semakin menjadi-jadi dalam menciptakan ketagihan. Maka si pecandu rokok harus meyakinkan dirinya untuk tidak terpicu, yang berarti harus secara aktif menghindari situasi yang mendambakan rokok. Jika si pecandu rokok merokok saat-saat tertentu setiap hari, maka sibukkan diri pada saat tersebut.

Jika Anda biasanya merokok saat menelpon, maka coret-coret pena di atas kertas saat berbicara. Jika Anda merokok saat istirahat makan siang, maka sibukkan diri dengan melakukan sesuatu supaya Anda tidak merokok selama waktu itu.

Berhenti sama sekali

Mungkin sulit untuk dipercaya, tetapi sebagian besar orang yang berhasil berhenti merokok memang telah melakukannya dengan tidak merokok sama sekali karena telah berjanji pada diri sendiri.

Sekarang mungkin tampak aneh bahwa lebih banyak orang berhenti merokok sama sekali, terutama karena sebagian besar para ahli menyarankan bahwa untuk tidak mencoba berhenti merokok sama sekali. Statistik yang bersumber dari American Cancer Society, lebih dari 80% orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukannya dengan berhenti merokok sama sekali. Banyak orang yang berhenti  sama sekali karena mendapat banyak dukungan dari orang lain.

Perlahan tapi pasti

Anda juga dapat berhenti merokok dengan cara mengurangi batang rokok setiap hari hingga akhirnya tidak merokok sama sekali. Cara ini sangat ideal bagi perokok berat, di mana secara bertahap menurunkan kadar nikotin di dalam tubuh sehingga lebih mudah melawan hasrat merokok.(NTDTV/Vivi/Yant)