Miris, Melihat Bocah-bocah Polos di Tiongkok ini Dilatih Keras demi Menjadi Juara Dunia

595

Orang-orang fokus pada kejuaraan dunia, demi meraih medali emas,  mendapatkan kehormatan dalam olahraga bergengsi itu. Latihan dan tempaan secara keras dilakukan  sejak kecil.

Coba perhatikan foto-foto berikut yang mengiris sanubari ini. Miris rasanya setelah melihat foto-foto ini. Tak tega melihat bocah-bocah polos menjalani latihan di Pusat pelatihan olahraga di Beijing, Tiongkok.

Tampak pelatih tengah membantu seorang atlet muda latihan kelenturan. Latihan olahraga senam bagi anak-anak, adalah kesabaran demi kesabaran yang dilalui untuk memecahkan batas maksimum.

Di sekolah olahraga amatir tampak seorang pelatih berdiri di atas kaki gadis cilik, membantunya meregangkan otot.

Miris, melihat latihan itu. Masih sanggup melihat foto ke bawah lagi?

Sampai disini, hati pun mulai bergejolak, di usianya yang  belia  saat itu seharusnya lebih banyak menikmati masa anak-anak.

Di dalam ruang senam terlihat seorang bocah tergelantung lemas di atas gagang barbel saking lelahnya.

Berapa beban yang harus ditanggung oleh tubuh kurus seperti tampak pada gambar di atas.

Melihat spanduk yang tergantung diam, terbayang ujian masuk perguruan tinggi saat itu.

Menghentakkan sanubari! Miris, ternyata juara dunia dilatih seperti itu, masih sanggup melihat ke bawah lagi?

Di kelas senam sekolah olaharaga Shenyang, seorang gadis remaja sedang latihan meregangkan otot.

Pada 1960-an abad lalu, setelah Badan Administrasi Olaharaga Tiongkok menamakan ideologi dan bimbingan  olahraga yang ditempa mulai dari latihan keras, ketat, dan praktik lapangan, serta pelatihan skala olahraga besar-besaran, pola pembinaan dan pelatihan olaharga seperti ini masih berlanjut hingga sekarang.

Masih ingin melihat foto ke bawah lagi?

Di dalam sebuah pusat pelatihan senam di selatan Tiongkok, gadis-gadis cilik yang sedang latihan dasar menangis histeris karena rasa sakit yang tak tertahankan akibat latihan keras tersebut.

Seorang pelatih berkata sambil tersenyum, pemandangan seperti ini sudah biasa, karena terjadi setiap hari, dan hanya dengan cara berteriak, menghitung, bernyanyi sambil menangis dan cara lainnya, anak-anak baru bisa mengurangi siksaan melampaui batas maksimumnya.

Corns atau mata ikan yang tampak ditangan anak-anak seperti foto di atas adalah hasil latihan keras. Area kulit yang menebal akibat terpapar oleh tekanan.

Terlalu besar yang dikorbankan anak-anak! Miris melihatnya, apa Anda akan mempertimbangkan mendaftarkan buah hati Anda untuk latihan olahraga seperti gambar-gambar di atas? (Jhony/rp)