Anda keliru jika berpikir hidup Anda tidak akan membaik dalam beberapa menit! Jika Anda sudah merasakan manfaatnya terhadap kesehatan, maka Anda sudah tahu betapa pentingnya makan dengan baik dan tetap aktif. Tetapi perubahan gaya hidup lainnya – yang tidak ada hubungannya dengan makanan atau olahraga – juga akan berperan penting untuk kesejahteraan anda.

Coba lakukan 3 menit ini dalam rutinitas sehari-hari untuk mengurangi stres, mengurangi risiko penyakit tertentu, menurunkan tekanan darah, dan banyak lagi.

Menggosok gigi

Di Korea Selatan, industri gigi secara aktif mempromosikan “metode menyikat gigi 3-3-3”, yaitu:
• Sikat gigi lebih dari tiga kali sehari.
• Sikat gigi selama lebih dari tiga menit, setiap kali menyikat gigi.
• Sikat gigi dalam waktu tiga menit setelah selesai makan.

Air mendidih

Cara mendidihkan air:

• Masukkan air ke dalam panci (sebaiknya bukan panci aluminium), tutup, dan biarkan beberapa saat sebelum menyalakan apai.
• Ketika air mulai mendidih, biarkan mendidih selama tiga menit.
• Buka penutup panci dan biarkan mendidih selama tiga menit, kemudian mematikan api.

Mendidihkan air dengan cara ini memungkinkan semua zat berbahaya dalam air menguap dengan cepat.

Menyeduh teh

Minum teh itu mudah, tapi cara menyeduh yang benar itu adalah cerita yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa metode yang disarankan untuk menyeduh teh yang sempurna:

• Untuk teh pu-erh atau pu’er (teh yang sudah mengalami fermentasi oleh mikroba yang diproduksi di Provinsi Yunnan, Tiongkok ), seduh teh selama satu menit dan kemudian buang airnya. Tuang air yang baru mendidih pada daun teh tersebut dan seduh selama tiga menit. Suhu air yang ideal adalah 212 ° F (100 ℃).
• Untuk teh hijau, seduh selama tiga menit. Suhu air yang ideal adalah 158 ° F – 176 ° F (70 ℃ -80 ℃).
• Untuk teh hitam, seduh selama tiga menit. Suhu air yang ideal adalah 194 ° F – 212 ° F (90 ℃ -100 ℃).

Minum teh adalah mudah, namun penting untuk menyajikannya dengan benar.( Gambar: via pixabay / cc0 1.0 )

Istirahat di sela-sela latihan fisik

Beberapa orang bernapas tersengal-sengal setelah latihan fisik yang berat. Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda harus beristirahat selama 3 menit, di mana Anda akan jauh lebih mudah untuk melanjutkan latihan fisik, karena otot-otot diberi kesempatan untuk memulihkan diri.

Menggunakan toilet

Banyak orang suka membaca atau menggunakan ponsel sambil duduk di toilet. Beberapa orang memiliki rak buku atau majalah di dalam kamar mandinya. Namun, bila memungkinkan, cara menggunakan toilet yang terbaik adalah selama tiga menit atau kurang.

Bangun tidur

Statistik menunjukkan bahwa 25 persen penderita stroke atau orang meninggal secara tiba-tiba saat berbaring di tempat tidur di pagi hari, yang sering disebut “waktu setan”. Para ahli menganjurkan bila Anda menderita tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, maka Anda harus berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup selama tiga menit sebelum bangun dari tempat tidur. Setelah bangun dari tempat tidur, gerakan kedua lengan, kedua tungkai bawah dan kepala sehingga tekanan darah akan normal secara alami.

Marah

Profesor fisiologi Amerika Serikat bernama Ai Erma menemukan bahwa orang yang marah selama 10 menit menggunakan energi yang sama banyak dengan energi yang digunakan untuk lomba lari 3.000 meter! Selain itu, ketika Anda marah, berbagai faktor fisiologis dapat merusak tubuh, sehingga memperpendek umur Anda.

Ketika Anda marah, tekanan darah akan meningkat dengan cepat. Jika orang dalam kondisi fisiologis yang buruk (terutama orang tua) marah, maka lebih rentan mengalami perdarahan otak, infark miokard (kematian otot jantung akibat suplai oksigen yang tidak mencukupi dalam waktu yang cukup lama), atau serangan jantung.(Visiontimes/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular