- Erabaru - http://www.erabaru.net -

4 Posisi Tidur Ini Sangat Menentukan Kesehatan Kita, Pelajarilah!!!

Sebagian besar dari kita tidak memperhatikan posisi tidur karena menganggapnya sebagai kebiasaan sejak awal kehidupan. Penelitian menunjukkan bahwa posisi saat tidur berdampak pada kesehatan umum yang bermakna.

Bila kita tidur rata-rata delapan jam sehari, maka sepertiga hidup kita gunakan untuk tidur, sehingga jika kita menghabiskan waktu dengan posisi yang tidak benar, maka dapat merugikan kesejahteraan kita.

Saat tidur dengan posisi yang tidak benar akan menekan leher dan tulang belakang serta bagian tubuh lainnya sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan efek samping dalam jangka panjang.

Selama bertahun-tahun, orang telah menghubungkan posisi tidur yang buruk dengan nyeri leher dan punggung, kram otot, kelelahan, gangguan sirkulasi, nyeri kepala, gangguan tidur, masalah pencernaan, keriput dini, dan mulas.

Jika Anda menderita masalah kesehatan tersebut, maka sudah saatnya Anda meninjau kembali posisi tidur Anda di malam hari, sehingga Anda dapat membuat perubahan untuk mendapatkan kualitas tidur dan kesehatan yang lebih baik.

Posisi tidur terbaik

Saat ahli menentukan posisi tidur terbaik, ahli akan menilai jenis matras yang sering digunakan seseorang untuk menopang tubuhnya. Ahli juga akan menilai apakah ada bagian tubuh yang lebih banyak menerima tekanan dan apakah leher dan tulang belakang berada dalam posisi satu garis lurus.

Posisi terlentang

Banyak orang setuju bahwa tidur telentang adalah posisi yang paling optimal, karena posisi kepala sampai ke tulang belakang berada dalam posisi netral, yang akan mengurangi tekanan pada bagian tubuh lainnya.

Tidur dalam posisi telentang akan mencegah nyeri leher dan punggung, dan mengurangi aliran balik asam ke dalam lambung, serta memperlambat timbulnya keriput dan menjaga kesehatan payudara. Namun, posisi telentang mempermudah seseorang untuk mendengkur.

Posisi tengkurap

Tidur dengan menekan perut akan mengurangi intensitas mendengkur seseorang, namun tidur dalam posisi tengkurap bukanlah posisi tidur terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tidur dalam posisi tengkurap menyebabkan leher dan tulang belakang tidak berada dalam posisi satu garis lurus. Tanpa tunjangan yang tepat pada tubuh, maka posisi tidur tengkurap akan menyebabkan masalah leher dan tulang belakang. Pada posisi tidur tengkurap, perut akan memberikan tekanan yang tidak perlu pada beberapa otot dan sendi sehingga cenderung mengganggu pernapasan.

Posisi miring/posisi janin

Tidur dalam posisi miring adalah posisi yang paling umum setelah  posisi terlentang. Dan sejauh ini, sebagian besar orang lebih suka tidur dalam posisi miring dibandingkan dengan posisi lain.

Tidak sama halnya dengan tidur telentang,tidur dengan posisi miring menjaga saluran udara pernapasan tetap terbuka, sehingga mencegah mendengkur. Namun, kontraksi tubuh ke bagian dalam tubuh akan memberikan tekanan yang tidak perlu pada diafragma, sehingga pada akhirnya dapat menghambat pernapasan.

Posisi tidur miring menyebabkan leher dan tulang belakang tidak berada dalam posisi satu garis lurus, sehingga menyebabkan nyeri bahu dan leher kaku yang parah.

Walaupun posisi tidur miring mengurangi mendengkur dan mengurangi aliran balik asam ke dalam lambung, posisi tidur miring juga dapat menyebabkan nyeri leher dan pundak, komplikasi pernapasan, payudara yang tidak sempurna, dan keriput dini, terutama pada sisi yang mendapat tekanan tambahan.

Cara terbaik untuk menghindari efek samping posisi tidur miring  adalah meregangkan tubuh di mana posisi leher dan tulang belakang berada dalam posisi satu garis lurus, jangan menekuk leher dan lutut.

Matras yang nyaman juga penting untuk mendukung tidur malam yang baik.

Jika setelah bangun tidur, Anda merasa lelah atau menderita nyeri pada tubuh, sudah saatnya Anda mencoba posisi tidur yang baru. Bahkan perubahan kecil seperti tidak menekuk lutut dan menjaga leher dan tulang belakang berada dalam posisi satu garis lurus saat tidur dalam posisi miring sehingga memberi manfaat yang bermakna terhadap kualitas tidur dan kesehatan.

Posisi tidur yang Anda pilih serta kenyamanan saat tidur akan meningkatkan kualitas tidur, sehingga penting tidur di atas matras yang cukup nyaman.(Visiontimes/Vivi/Yant)