Selain menanam bunga, sayuran di balkon, tren menanam buah-buahan sekarang juga sudah mulai populer, tapi, ada yang ragu dan bertanya, buah apa yang bisa ditanam di area balkon yang luasnya tidak seberapa itu?

Berikut ini redaksi rekomendasikan beberapa jenis buah-buahan yang bisa dibudidayakan dalam pot.

Mangga

Keluarkan isi mangga yang telah matang sepenuhnya dengan pisau, sisakan bijinya, sisihkan.

Setelah itu, belah biji mangga dengan pisau tajam, yakni dibelah dari celah kecil dipinggirannya, kemudian belah jadi dua bagian. Lalu pucuk lembaga (bakal daun) nya direndam dengan air.

Kemudian tanamkan setengah benihnya ke dalam tanah (bagian yang ber-bakal daun itu yang di tanam ke dalam tanah, tujuannya supaya lebih mudah dan cepat bertunas, sekaligus merawat benihnya).

Setelah selesai, letakkan budidaya buah dalam pot itu ke tempat yang hangat lembab dan bercahaya (sinar matahari), setelah itu, cukup dirawat seperti biasa.

Ficus Carica-Buah Ara atau Tin

Sepertinya anda perlu menyiapkan sebuah wadah yang agak besar, karena buah ara bersistem akar serabut, dan perlu lingkungan pertumbuhan yang relatif besar, balkon, teras dan halaman yang terbuka relatif lebih cocok untuk pertumbuhannya.

Untuk penyiraman (jumlah air yang disiramkan) bisa ditentukan sesuai dengan kemajuan pertumbuhan cabang-cabangnya. Ketika daunnya berkecambah di musim semi, takaran air yang disiram jangan terlalu banyak, cukup pertahankan tanahnya dalam keadaan lembab.

Jika suhu-cuaca relatif tinggi-panas, maka perlu lebih banyak disiram, pagi dan sore masing-masing disiram sekali, pertahankan kondisi tanah dalam keadaan lembab.

Setelah memasuki masa pematangan buah di musim gugur, kurangi jumlah air siraman, terlalu banyak air akan menyebabkan buahnya pecah.

Dan perlu diingat, jika hujan, selain harus mengontrol siraman air, perhatkian juga timbunan air di dalam pot, jangan sampai digenangi air dan merusak tanaman buah.

Laju pertumbuhan tanaman Ara relatif cepat, sehari-hari harus diperhatikan untuk pemangkasan.

Selain itu juga perlu menjadi perhatikan anda, karena tanaman ara tidak tahan dingin, sebaiknya segera dipindahkan ke dalam ruangan sebelum dan setelah jatuhnya embun es diakhir musim gugur. Tempatkan di tempat yang cukup disinari matahari, balkon, ruang tamu berventilasi atau tempat lainnya.

Stroberi

Kedalaman pot untuk penanaman stroberi sebaiknya sekitar 20 cm, dan gunakan tanah yang sudah digemburkan dan diayak.

Untuk perawatan pastikan cahaya yang memadai, jika sinar matahari tidak cukup, maka pertumbuhan tanamannya subur lebat tapi sedikit berbunga.Strawbery menuntut drainase yang baik, jika tidak mahkotanya dapat membusuk akibat tanah yang terlalu basah.

Mereka juga memiliki permintaan gizi yang sangat tinggi, dengan begitu bunganya lebat buahnya juga besar. Perhatikan juga saat musim pertumbuhan harus segera buang daun yang layu dan sebagainya.

Tomat ceri

Sebelum menanam tomat ceri, kita harus memasukkan pupuk kandang atau kompos, sebaiknya pupuk dari kotoran ayam, burung dan pupuk organik lainnya, campurkan pupuk dengan tanah.

Pada hari awal anda menanam pastikan beri asupan air serta pupuk yang seimbang, begitu juga pada hari kedua.

Setelah itu, segera pindahkan tanaman ke luar ruangan untuk mendapat sinar matahari yang lebih optimal. Pastikan untuk mempertahankan kelembaban kondisi basah dan lembab.

Selama periode menunggu, ada beberapa bagian penting pada tahap perawatan, yaitu penyiraman, pemupukan, pemusnahan gulma, pemasangan lanjakan atau sandaran, pengendalian hama, dan pemotongan tunas baru.

Anda harus terus merawat tanaman anda. Untuk memaksimalkan kualitas buah dan kuantitas panen.

Tanaman Raspberry

Media tanam yang digunakan adalah pot yang memiliki diameter cukup besar. Buat lubang di bagian bawahnya sebagai aliran air, untuk tanah sebaiknya gunakan tanah gembur, masukkan bibit dan tutup dengan tanah sedikit saja.

Tutup wadah tanam berupa botol atau gelas plastik dengan plastik bening dan beri lubang untuk sirkulasi udara.

Tutup wadah dan simpan di tempat gelap, jaga kelembabannya dan cek selama 3-4 hari.

Ketika bibit sudah terlihat berkecambah dengan panjang 20 cm maka kecambah siap untuk di pindahkan ke media tanam  yang sesungguhnya.

Untuk cara perawatan tanaman raspberry ini tidak terlalu sulit. Karena tanaman raspberry ini termasuk dalam tanaman yang tidak terlalu manja.

Anda hanya perlu menyiramnya ketika tanaman raspberry terlihat kering, keadaan terlalu lembab akan menyebabkan tanaman rasperry menjadi cepat mati karena akarnya menjadi busuk.

Selain itu jangan lupa untuk membuang semua hama seperti rumput liar yang bisa mencuri nutrisi yang seharusya diserap oleh tanaman raspberry anda.

Buah Naga

Untuk menanam buah naga, pot dari tanah liat adalah yang paling ideal, jangan lupa buat lubang dibawahnya untuk aliran air.

Jika tidak ada pot tanah liat, bisa juga menggunakan peti kayu, yang penting berventilasi, dan sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik, atau wadah kedap udara.

Pastikan wadahnya direndam dulu beberapa jam dengan air sebelum penanaman buah naga, hal ini untuk menghilangkan udara kotor dalam wadah, sehingga tidak akan mempengaruhi proses pertumbuhan buah naga.

Bahan-bahannya adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1.

Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

Menanam buah naga sebaiknya menggunakan metode stek. Pilih batang buah naga yang sudah tua dan memiliki kualitas yang bagus. Utamakan batang yang sudah memiliki tunas.

Setelah menemukan bibit yang berkualitas baik, anda dapat menanamnya dengan kedalaman sekitar 10cm disekitar tiang panjat yang harus anda siapkan sebelumnya.

Karena buah naga akan tumbuh dengan melilit tiang panjat tersebut. Sebelum menanam, ada baiknya anda menghilangkan getah yang menempel pada bibit karena dapat menyebabkan kebusukan.

Hindari menanam bibit terlalu dalam karena dapat menghambat pertumbuhan. Tekan dan rapikan tanah disekitar bibit, tekanan dapat membantu bibit buah naga agar lebih kokoh.

Pastikan bahwa bibit buah naga sudah tertanam dengan sempurna, lalu siram dengan air dan letakkan ditempat yang terkena sinar matahari langsung.

Siram buah naga secara teratur 3 kali sehari dimusim kering atau disesuaikan dengan kondisi tanah. Kurangi penyiraman jika buah naga sudah mulai berbuah.

Ini berfungsi untuk menekan pertumbuhan tunas baru sehingga buah dapat tumbuh dengan maksimal. Lakukan pemangkasan pada tangkai buah naga dengan menyisakan tangkai yang diperlukan sebagai tempat buah saja.

Pastikan juga agar tiang panjat tetaplah kokoh, jika mulai goyah, anda bisa mengikatnya dengan tali.

Jika terawat dengan baik, 7-8 bulan sudah berbunga.

Buah yang sudah siap panen memiliki warna merah tanpa warna hijau. Buah naga yang sudah panen, dapat langsung anda nikmati sebagai cemilan bersama keluarga.

Blueberry

Benih blueberry adalah benih yang menyukai media tanam yang bersifat asam, dari beberapa percobaan yang diakukan, benih blueberry akan mudah tumbuh pada media tanam dengan pH sekitar 5.5 (bisa diakali dengan menambahkan 1/4 sendok teh cuka ke dalam tanah/media penyemaian.

Ketika bibit mencapai ketinggian 5 sampai 7.5 Cm maka bibit siap ditransplantasikan ke dalam pot penyemaian.

Gunakan campuran pupuk kandang yang telah difermentasi dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 sebagai media tanam. Lepaskan bibit blueberry dan tanaman dalam pot dengan hati-hati untuk menjaga keutuhan sistem perakarannya yang halus.

Siram pot dengan air secukupnya dan tempatkan pot di lokasi yang cukup mendapatkan sinar matahari.Blueberry memiliki sistem perakaran yang dangkal.

Anggur

Buah anggur sebenarnya mudah ditanam, selama memiliki balkon yang memadai, pot yang cukup besar, dengan kedalaman lebih dari empat puluh sentimeter.

Perhatikan tanahnya harus gembur, anggur suka dengan air, tapi akarnya takut tergenang air, karena itu, banyak yang gagal menanam buah anggur, gara-gara akarnya busuk terendam, hal ini dikarenakan air di dalam pot tidak segera dibuang.

Anda bisa tempatkan beberapa hancuran keramik di tempat lubang saluran pembuangan air dalam pot, kemudian tutup dengan tanah diatasnya, sehingga dengan begitu bisa memastikan air berlebih bisa segera dikeluarkan.

 

Perhatikan juga pemangkasan pada batang primer dan cabang sekundernya, jangan biarkan terlalu panjang, selain itu, sulur anggur juga sebaiknya segera dipangkas, gunakan kawat dan statikkan cabangnya ke tiang pancang.

Untuk melakukan penyiraman tanaman anggur dalam pot dilakukan setiap hari, penyiraman waktu pagi dilakukan sebelum jam 10, dan setelah jam 4 sore.

Disiram sekali setiap 2-3 hari, siram sesuai kenaikan suhu, bisa disiram sekali dalam 1-2 hari, saat suhu turun, frekuensi siraman air bisa dikurangi secara bertahap, yang penting jaga kondisi pot selalu dalam keadaan lembab.

Kemudian pada waktu penyiraman harus hati-hati supaya percikan air tidak merusak media tanam yang berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena air, jangan sampai merubah posisi akar. (Jhony/rp)

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular