Semua orang tahu apa itu motivasi. Ini memberi kita alasan untuk tindakan kita, keinginan dan kebutuhan. Tapi apa kompleksitas yang ada di balik ini! Kami masih tidak mengerti mengapa orang termotivasi untuk melakukan sesuatu.

Banyak teori telah diciptakan untuk menjelaskan sifat motivasi manusia yang misterius. Salah satu teori yang terkenal adalah hierarki kebutuhan Maslow – bahwa manusia memiliki peringkat kebutuhan yang secara hierarki. Peringkat pertama adalah kebutuhan fisiologis, kemudian kebutuhan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri dan akhirnya kebutuhan aktualisasi diri.

Dalam dunia kita yang semakin berorientasi uang, maka motivasi telah menjadi fenomena penting yang ingin dipahami oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan ingin karyawannya bekerja keras secara efektif dan perusahaan mendanai banyak penelitian mengenai hal ini. Menurut saya, jawaban untuk masalah mereka telah ditemukan, yaitu “Teori Evaluasi Kognitif” yang terdiri dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Motivasi intrinsik adalah motivasi untuk bertindak demi kegiatan itu sendiri. Misalnya, orang memiliki motivasi intrinsik untuk bermain gitar karena ia menikmatinya. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi bertindak untuk mendapatkan imbalan eksternal. Misalnya, orang dengan motivasi ekstrinsik bermain musik dengan harapan dipublikasikan, menghasilkan uang atau menjadi terkenal.

Jadi, ketika Anda adalah seorang manajer di sebuah perusahaan dan ingin memotivasi karyawan yang malas, maka apa yang Anda lakukan? Yang lebih sering, Anda memberinya hadiah uang atau mengatakan kepadanya bahwa ia dapat menjadi karyawan yang digaji setiap bulan. Maka Anda disebut sebagai motivator ekstrinsik. Jika seseorang ingin memiliki motivasi jangka panjang, maka ia harus termotivasi dari dalam.

Karyawan pria tidak termotivasi sama sekali oleh manajernya dan jelas tidak memiliki motivasi intrinsik untuk melakukan pekerjaannya. Alih-alih bekerja, mungkin dia malah pergi bermain gitar hanya untuk kesenangannya.(NTDTV/Vivi/Yant)

Share
Tag: Kategori: MISTERI SERBA SERBI

Video Popular