Burung merak terkenal akan keindahan bulunya yang berwarna warni, terutama ketika merak jantan yang sedang membuka bulu ekornya, mirip benar dengan sekuntum bunga yang sedang mekar, warnanya sangat indah menawan. Realitanya, bulu burung merak kaya akan warna metalik berkilauan, dilihat melalui mikroskop, suatu keindahan yang lain yang tak dapat dilihat dengan kasat mata akan terpampang pada mata kita.

Waldo Nell, seorang fotografer Kanada melalui mikroskop, telah memotret bulu merak yang dibesarkan hingga 500 kali. Secara mikroskopis, bulu tersebut terlihat seperti permata atau tenunan kain berwarna cerah, sangat rumit dan halus, memancarkan sinar berkilau yang menawan.

Nell memberikan pencahayaan terhadap bulu dari sebelah atas untuk memperoleh pencahayaan terbaik dan efek pengambilan gambar yang berbeda. Lantaran permukaan bulu tersebut memiliki cahaya berkilau bagai logam, itu sebabnya tidak terlalu mudah mendapatkan sudut pencahayaan yang paling optimal. Selain bulu merak, sisik ikan, sayap kupu-kupu dan kulit kumbang, juga memiliki kilap warna metalik yang indah semacam itu.

Nell menyatakan, dilihat dari kejauhan, hanya dapat terlihat ‘mata’ pada bulu merak, tetapi apabila dilihat dari jarak dekat, maka warna unik pada setiap helai bulu dapat terlihat dengan jelas. Jadi hanya melihatnya dari jarak dekat, baru dapat melihat banyak keindahan yang tersembunyi.

Burung merak jantan dapat membuka bulu ekornya yang bagaikan kipas, salah satu alasan adalah untuk menarik perhatian burung merak betina. Merak betina diyakini dapat memilih burung merak jantan yang memiliki gen terbaik sebagai pendamping, maka itu merak jantan dengan bulu yang ekstra bagus dan memiliki bulu atas pada ekor yang ekstra besar, di mata merak betina mereka memiliki gen yang baik, dan lebih mungkin untuk dipilih.

Selain itu, guna menakuti musuh, merak jantan juga akan membuka ekor layarnya lebar-lebar. Gambar menyerupai pola mata yang terdapat pada bulu atas, di dalam alam bebas memiliki makna peringatan dan intimidasi. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share

Video Popular