Menurut statistik, ada sekitar 0.5 % wanita dan 8% pria di dunia menderita gejala buta warna.

Cacat visual ini juga membuat mereka melihat dunia yang berbeda. Dan penderita dengan jenis buta warna yang tidak sama juga berbeda persepsinya terhadap warna.

Mari lihat bersama dunia di mata mereka, dan  lebih memahami mereka!

Sesuatu yang dilihat orang-orang normal, warnanya seperti di bawah ini. (normal vision)

Sekitar 1% orang-orang menderita buta warna merah, mereka tidak bisa membedakan warna merah. Mereka juga tidak bisa membedakan secara akurat warna merah, hijau tua, biru, magenta, bisa jadi warna merah dimata mereka itu abu-abu.

Buta warna hijau, juga dikenal sebagai buta warna kedua, sekitar 4,8 % pria menderita gejala ini. Mereka tidak bisa membedakan antara warna hijau, merah tua, ungu, daun hijau di pohon dalam pandangan mereka mungkin berwarna abu-abu.

Buta warna biru jarang ditemui, mereka dapat membedakan antara warna merah dan hijau, tapi tidak bia memastikan warna kuning dan biru.

Di dunia penderita buta warna total, mereka hanya melihat dunia dalam warna hitam putih. Buta warna total ini merupakan jenis buta warna yang paling parah, hanya bisa merasakan kegelapan, tetapi tidak bisa melihat warna.

Warna kontras di mata orang normal mungkin merupakan pemandangan yang terlihat selaras di mata mereka.

Aneka makanan yang berwarna-warni ini mungkin hanya sejenis warna yang sederhana di mata mereka.

Logo yang paling sederhana saja maknanya bisa dirasakan berbeda di mata mereka, seperti empat merk produk yang tidak sama.

Lampu lalu lintas di mata mereka mungkin begitu, penderita buta warna merah benar-benar sulit membedakan warnanya.

Tujuh warna pelangi yang terlihat di mata orang normal merupakan pemandangan lain di mata mereka (penderita buta warna).

Ketika menyadari para penderita yang tidak bisa benar-benar merasakan transformasi warna, baru kita sadari betapa berharganya dunia yang beraneka warna ini.

Mudah-mudahan kemajuan teknologi yang terus berkembang dapat membantu mereka melihat warna dunia. Selama batin ini diterangi cahaya terang, segala bentuk keindahan pasti akan terlihat. (erabaru.net/Jhony/rp)

Share

Video Popular