5 Penambah Citarasa Masakan yang Membuat Anda Sehat dan Awet Muda

236
awet muda

Ada banyak cara untuk terlihat muda dan tetap sehat. Penambah citarasa alami tidak hanya meningkatkan citarasa makanan saja, namun juga bermanfaat sebagai obat awet muda.

Jahe

Jahe berkhasiat sebagai anti-peradangan. (wikimedia / cc0 1.0 )

Jahe meningkatkan peredaran darah, mengencerkan darah, dan bersifat anti-peradangan. Jahe mendukung fungsi jantung, sendi, dan otak. Jahe juga efektif mengobati masalah pencernaan, seperti kembung. Bumbu penyedap ini juga membunuh bakteri yang berbahaya supaya Anda tetap awet muda dan sehat. Terbukti mencegah penyakit yang berhubungan dengan usia dan stres, efek positif pada peredaran darah adalah memicu agar kulit tampak lebih muda.

Kunyit

Kunyit adalah obat untuk menyembuhkan masalah sendi, pencernaan, dan menstruasi yang tidak teratur. (wikimedia / cc0 1.0 )

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tiongkok kuno sebagai obat untuk menyembuhkan masalah sendi, penyakit pencernaan, dan ketidakteraturan menstruasi. Kunyit bermanfaat mengeluarkan racun yang berbahaya dari tubuh. Kunyit digunakan dalam produk perawatan kulit sebagai anti-peradangan dan sebagai tabir surya alami untuk membantu menghambat  efek sinar ultraviolet yang berbahaya. Kunyit juga berkhasiat sebagai antiseptik dan antibakteri yang mendukung penyembuhan dan meningkatkan kekebalan.

Paprika

Bubuk paprika terbuat dari paprika kering berkhasiat meningkatkan peredaran darah yang sama seperti cabe. (wikimedia / CC BY 3.0 )

Paprika yang dikeringkan berkhasiat meningkatkan peredaran darah sama seperti cabe, sehingga kulit menjadi mulus dan tampak sehat. Paprika dan lemon yang sama beratnya, maka paprika lebih banyak mengandung vitamin C daripada jus lemon. Walaupun paprika dikeringkan dan dimasak, masih tetap mengandung vitamin C. Paprika juga meningkatkan produksi air liur, yang mempermudah pencernaan dan penyerapan zat gizi dengan baik.

Wasabi

Wasabi berkhasiat anti-peradangan yang memperbaiki fungsi kesehatan sendi dan paru.( wikimedia / cc0 1.0 )

Sama halnya dengan brokoli dan kubis, wasabi berkhasiat menghilangkan racun dari hati. Wasabi bersifat anti-peradangan sehingga meningkatkan kesehatan fungsi sendi dan pernapasan. Isotiosianat yang terkandung di dalam wasabi juga mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit pembuluh darah jantung.

Biji sawi

Biiji sawi adalah sumber mineral selenium yang baik, suatu antioksidan yang kuat yang berkhasiat kulit tampak muda. (Dsaikia2015 via wikimedia / CC BY-SA 4.0 )

Biji sawi adalah sumber mineral selenium yang sangat baik, suatu anti-oksidan kuat yang membuat kulit tampak muda. Biji sawi juga mengandung zat lendir yang menenangkan saluran pencernaan dengan cara melindungi lapisan mukosa saluran pencernaan. Lapisan mukosa saluran pencernaan menyaring racun, bakteri, dan virus supaya tidak masuk ke dalam sistem peredaran darah dan memungkinkan zat gizi masuk ke dalam sistem peredaran darah. Biji sawi bersifat anti-peradangan sehingga kulit menjadi mulus dan bebas noda, serta sendi menjadi fleksibel.(Visiontimes/Vivi/Yant)